Yuk Asah Kreativitas Bersama KOMMED

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sudah seharusnya menyenangkan, namun tidak banyak  guru  yang berupaya menciptakan KBM ke arah sana. Berbeda dengan para guru anggota Komunitas Media Pembelajaran (KOMMED) yang hadir pada kamis (20/11) di Ruang Pembelajaran Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan siang ini, dengan penuh semangat mereka  berjuang menciptakan KBM yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan.

“Semenjak ikut KOMMED ada perasaan senang ketika mengajar, terutama ketika melihat anak-anak antusias menyimak pelajaran di kelas,” tutur Ani, guru MI Al Ijtihad, Parung.

Pada pertemuan kali ini kang Iwan, trainer KOMMED, menekankan pada kreativitas membuat materi pelajaran agar mudah ditangkap oleh para siswa. “Agar anak-anak dapat menangkap pelajaran lebih maksimal, kita harus membuat sesuatu yang inovatif, misalnya menyanyikan materi pelajaran dengan lagu yang sudah mereka kenal,” ujarnya. Kegiatan KOMMED memang bertujuan untuk mengasah para peserta agar mampu membuat media pembelajaran baru yang kreatif, inovatif, dan tidak membutuhkan biaya banyak.

Untuk memacu semangat para peserta KOMMED kang Iwan juga memutar video pembuatan media pembelajaran yang dibuat oleh seorang guru asal Amerika. Kang Iwan juga menantang para peserta membuat lagu buatan mereka sendiri yang diselipi muatan materi pelajaran. “Membuat lagu yang fun dan disisipi materi pelajaran itu tidak sulit.  Pertama-tama kita harus menentukan judul lagu yang sudah dikenal murid, kita juga harus sudah hapal lagu tersebut, setelah itu masukkan kata kunci dan tentukan  mata pelajarannya,” pukasnya.

Kegiatan KOMMED kali ini sukses membuat para pesertanya selangkah lebih maju dalam membuat media pembelajaran. Semoga para peserta KOMMED ke depannya mampu membuat hal-hal hebat untuk kegiatan belajar mengajar di kelas.
 
Sampai jumpa di pertemuan KOMMED selanjutnya.

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.