Workshop Media Pembelajaran Cipanas

IMG-20170130-WA0007

Kegiatan workshop merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk memberikan dan mentrasfer pengetahuan kepada teman-teman seperjuangan yang ingin terus meningkatkan kemampuan dalam bidang pendidikan dan pengetahuan, alhamdulillah kegiatan yang dilaksanakan di Cipanas, tepatnya di Yayasan Miftahul Ulum (MU) Cipanas dapat terwujud dan sukses,  kegiatan yang diprakarsai oleh bapak H. Iwan Ridwan, S.PdI dan ibu Roro yang ternyata adik kandung ibu Roro Ida, makdung. Usaha dan kerja keras seluruh panitia dan juga kehadiran peserta layak mendapat acungan jempol raksasa, sangat bersemangat dan antusias walaupun kondisi cuaca yang tidak kondusif karena sepanjang hari hujan, namun dengan keinginan kuat ingin mendapatkan ilmu dan keterampilan yang lebih baik menjadikan mereka mengikuti kegiatan workshop sampai penutupan.

Kegiatan ini dibuka dengan resmi oleh kakanwil kemenag kab. Cianjur bapak
DR. H. Suhendra , yang secara khusus hadir untuk membuka acara workshop didampingi pengawas RA dan Kasie MI kec. Cipanas. Sangat luar biasa sekali bapak Suhendra sudah hadir sebelum jam 7 pagi, beliau memang tertib dalam waktu dan sangat disiplin, dalam sambutannya kakanwil berpesan kepada seluruh guru MI dan RA agar memanfaatkan ilmu yang diperoleh untuk sekolah dan siswa tentunya.

IMG-20170130-WA0005 IMG-20170130-WA0003

Kegiatan dilaksanakan  pukul 08.00 – 16.30, dimulai dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al Quran dan menyanyikan lagi Indonesia Raya diiringi alunan angklung siswa MI MU, dengan konduktor yg bersemangat, alunan angklung sangat merdu dan bersemangat. Dilanjutkan dengan kata sambutan dari bapak H. Iwan Ridwan yang sangat mendukung kegiatan ini beliau menyediakan rumahnya untuk penginapan pemateri dan tempat istirahat makan siang. Dilanjutkan oleh kakanwil kemenag yang secara remi membuka rangkaian acara, setelah acara pembukaan selesai peserta dibagi menjadi kelompok RA dan MI, kegiatan ini diikuti oleh guru dari  7 MI dari kec. Cipanas, dan 21 RA dari IGRA PC 4, sejumlah 140 peserta.

Session 1 dimulai 09.15 dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok 1 MI dengan materi motivasi guru abad 21 dibawakan oleh AKI dan kelompok 2 dengan materi 4 kegiatan membaca dibawakan oleh makdung, kedua pemateri sangat bersemangat dan membawakan materi dengan baik namun terasa sekali waktu yang kurang, sehingga materi beberapa ada yang terlewatkan, namun peserta sangat puas dengan penyajiannya yang interaktif dan bermanfaat, materi berakhir menjelang azan zuhur berkumandang dan waktunya kami beristirahat, makan siang dan sholat. Saat makan siang begitu hebatnya karena sajian masakan yg nikmat dan bergizi dengan masakan sunda ikan mas dan mujair bumbu kuning, pare oseng, karedok, trmpe orek sambal dan krupuk, makan  lesehan di sekitar rumah pak Iwan yang asri dengan empang ikan dan saung di atasnya serta alunan nyanyian dari guru-guru MI dan RA yang merdu, wah pokoknya mantab gan.

IMG-20170130-WA0006

Session kedua dengan materi media pembelajaran yang dibawakan pai di RA dan SBY di MI begitu heboh karena peserta langsung membuat media pembelajaran dengan bahan sederhana, saat pengarahan pembuatan memang sederhana namun hasil yang diberikan para peserta sungguh wow keren, di luar prediksi dari pemateri, waktu 3 jam berlalu begitu cepat, banyak peserta belum puas atas hasil yang didapat karena memang itu tujuan workshop agar mereka tertantang untuk dapat membuat media pembelajaran yang baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran.

IMG-20170130-WA0004 IMG-20170130-WA0002

Akhirnya workshop ditutup dengan resmi oleh pak Iwan Ridwan dengan pesan agar hasil yg didapat diaplikasikan dalam pembelajaran di sekolah masing-masing.

Dari hasil evaluasi memang peserta belum mendapatkan hasil maksimal dari workshop kali ini, namun pengembangannya akan dapat dilakukan di sekolah masing-masing, demikian laporan singkat kegiatan workshop media pembelajaran di Cianjur semoga bermanfaat untuk kita semua, aamiin.

Komentar

komentar