Training For Trainer (TFT) Pengembangan Potensi Diri ala Makmal Pendidikan

Menjadi public speaker tentu tidak bisa hanya bermodalkan keberanian atau senang berbicara semata. Faktanya, meskipun banyak orang pandai berbicara, namun tidak semua mampu melakukannya di depan umum. Rasa gugup, takut, dan malu kerap kali muncul dan menjadi kendala dan tantangan tersendiri yang dihadapi banyak orang. Untuk mengatasi kendala tersebut tentunya diperlukan proses pembelajaran agar nantinya seorang individu mampu menguasai teknik-teknik dalam public speaking.

Foto 1

Foto 2

Pada Rabu (06/01) Makmal Pendidikan kembali menggelar Training For Trainer (TFT) yang diadakan di Aula Sekolah Guru Indonesia (SGI), Parung, Bogor, Jawa Barat. Kegiatan yang rutin dihelat tiap tahun dan digelar selama 3 hari dengan menghadirkan pemateri mumpuni seperti Agung Pardini, Asep Supriatna, dan Zayd Sayfullah ini diikuti oleh 22 peserta dari berbagai profesi. Para peserta akan digembleng menjadi seorang public speaker handal. Makmal Pendidikan sendiri merupakan salah satu program di bawah naungan Yayasan Pendidikan Dompet Dhuafa (YPnDD) yang berfokus pada pengembangan pendidikan dan individu, TFT merupakan salah satu sarana Makmal Pendidikan untuk merengkuh potensi yang ada pada tiap individu.

Foto 3

Foto 4

Ada beragam materi yang diberikan selama pelatihan berlangsung. Pada hari pertama para peserta mendapatkan beberapa Tahapan Materi Pelatihan (Brain Based Training) seperti Dasar-Dasar Public Speaking, Public speaking dan komunikasi, dan Teknik Membuka, Perkenalan dan Menutup Presentasi. Di hari kedua peserta dilatih ‘Menjadi Trainer yang Sitematis, Menggugah dan Berpengaruh’; pada sesi tersebut para peserta praktik dengan melakukan presentasi dengan materi seputar PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan); para peserta yang tampil akan dinilai oleh peserta lain dan juga trainer. Di hari ketiga para peserta kembali dilatih untuk memantapkan materi-materi di hari sebelumnya.

Foto 5

Foto 6

Diharapkan setelah mengikuti kegiatan TFT ini para peserta berani tampil di depan publik dengan penuh percaya diri, meyakinkan, serta memahami persiapan sebelum tampil di depan public. Juga memahami dan menguasai bahasa verbal dan non-verbal dalam public speaking. Selain itu diharapkan para peserta mampu menguasai teknik perkenalan yang memukau, teknik membuka dan menutup yang berkesan bagi audiens dan kelak mampu membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pelatihan sendiri.

Foto 7

Sampai jumpa di Training For Trainer bersama Makmal Pendidikan selanjutnya!

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.