Sekolah Konsultan Pendidikan


Maju dan berkembangnya sebuah sekolah tak lepas dari keberhasilan manajemen sekolah, proses dan kualitas belajar mengajar yang dilaksanakan para guru. Hingga kemudian ada pandangan positif masyarakat terhadap lembaga pendidikan yang bermuara lahirnya kepercayaan masyarakat dan stake holder terkait lainnya terhadap sekolah.

Untuk itu dibutuhkan peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah, agar dalam menjalankan tugas-tugas dapat lebih optimal. Seperti program yang terencana dan terpadu serta berkesinambungan bagi guru dan kepala sekolah. Hal ini tentu untuk membentuk guru dan kepala sekolah yang memiliki kompetensi dan karakter serta motivasi spiritual yang handal juga memiliki sikap dan jiwa kepemimpinan yang visioner.

Adalah Sekolah Konsultan Pendidikan yang diperuntukkan bagi para pendamping sekolah yang akan bertugas mendampingi sekaligus membimbing para guru dan kepala sekolah untuk melakukan tindak lanjut (implementasi) materi pelatihan yang telah diberikan. Dengan tujuan akhir tercapainya target yang telah ditetapkan.

Para pendamping Sekolah Konsultan Pendidikan ini diharapkan menjadi seorang yang memiliki kompetensi, karakter dan kontroling sebagai Sultan Pendidikan atau disebut dengan Sultaners. Program Sultan Pendidikan  ini dirancang dengan menggunakan pendekatan pelatihan dan coaching secara bertahap dan gradual selama 4 pekan.Kegiatan dalam program  Sultaners  seperti  kegiatan terjadwal,terstruktur  dan tugas mandiri. Pelaksanaannya pun melalui tiga cara seperti pelatihan, magang dan studi banding.

Dengan tujuan untuk  1. Meningkatkan Kualitas Manajemen Sekolah.  2. Meningkatan Kualitas KBM, hingga tercapai peningkatan kualitas  peserta didik. Pelaksanaan PAIKEM (Pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efisien dan Menyenangkan)  3. Meningkatkan Partisipasi Masyarakat terhadap Sekolah.

Materi materi pelatihan Sekolah Konsultan Pendidikan ini antara lain terkait seputar DD, dan jejaring, konsep pendampingan sekolah, job description, wawasan pendidikan serta kurikulum 2013, Magang dan lain lain.  Pada Sekolah Konsultan Pendidikan ini yang lebih akan dipertajam misalnya materi magang, yaitu praktek kerja setelah pelatihan dengan menempatkan di sekolah sekolah yang telah ditunjuk oleh DD, di daerah Bogor. Dalam magang ini tiap sekolah terdiri dari empat peserta dan mereka saling memberikan penilaian terhadap temannya. Selama pelaksanaa seminggu tersebut para peserta dihadapkan dengan berbagai persoalan pendidikan, dan cara pemecahannya yang tentu saja dalam bimbingan dari master konsultan pendidikan.

Selain itu karakter building  sebagai pembentukan karakter para peserta pelatihan ini, dengan harapan  para Sultaners siap bertugas di lokasi yang telah ditentukan. Atau bisa dibilang adanya self control dan komitmen yang tinggi. Setelah selesai magang para  peserta harus mempresentasikan hasil magang tersebut, atau hasil terkait dari temuan temuan selama magang, hingga kemudian ditemukan cara pemecahan terhadap masalah yang ditemukan tersebut.

Terakhir adalah kontroling dari Master Konsultan Pendidikan, yang bertugas membimbing, mengontrol, mengevaluasi, memotifasi serta menilai para peserta atau Sultaners.  Setelah para peserta lulus dari program ini, mereka akan ditempatkan disekolah sekolah yang telah ditinjuk, sebagai bentuk praktek yang nyata dari program tersebut.

Program ini bukanlah yang pertama tetapi program ini merupakan program yang disetiap angkatannya selalu berusaha disempurnakan. Hingga impian untuk menjadi sekolah rujukan nasional ataupun bahan studi banding antar sekolah, bisa direalisasikan, jika sekolah anda mendapatkan pendamping sekolah dari Makmal Pendidikan.

Semoga program ini berlanjut terus dan semakin bertambah sekolah sekolah yang menerima manfaatnya, aamien.

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.