Sinergitas Sekolah dan Masyarakat

123

Ratusan masyarakat Engkerengas, Selimbau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat,  berkumpul di Gedung Serba Guna Desa Engkerengas yang akan diresmikan pada hari itu.

Acara peresmian gedung baru ini agak berbeda dengan peresmian gedung-gedung sebelumnya yang hanya dihadiri beberapa orang saja. Perbedaan yang paling mencolok adalah dirangkaikannya acara peresmian ini dengan Pelatihan Parenting yang diselenggarakan oleh Makmal Pendidikan Dompet dhuafa.

Pelatihan parenting yang mengangkat tema ‘Sinergitas Sekolah dan Masyarakat’ ini menarik perhatian masyarakat yang baru-baru ini mulai menyekolahkan anaknya ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat.

Ada yang khas dalam peresmian gedung yang sejak awal direncakan untuk ruang belajar MTs Filial yang masih menumpang di kantor desa ini yakni adanya prosesi “tepung tawar”, ritual adat Melayu yang bertujuan untuk memohon do’a selamat dan menolak bala. Tepung tawar dilakukan dengan memercikkan tepung beras yang telah diberi campuran air tawar menggunakan daun-daun tertentu yang melambangkan keselamatan. Tepung tawar dilakukan di muka pintu gedung serba guna. Bergiliran tokoh adat dan tokoh masyarakat yang telah ditentukan  melakukan prosesi ini. Seraya mendo’akan agar orang yg menggunakan gedung serba guna tidak diganggu oleh makhluk halus.

Gedung serba guna dibangun menggunakan dana dari desa, dikerjakan hanya dalam kurun waktu dua minggu. Puluhan warga desa bersama-sama menyelesaikan pembangunan gedung ini, agar bisa di unakan untuk sekolah ketika ajaran baru.

Komentar

komentar