Si Bocah Kayu Bakar

bocah

Libur telah tiba…

Libur telah tiba…

Hatiku gembira…

Setiap anak-anak pasti senang ketika libur di hari Minggu tiba. Untuk melepaskan penat mereka, biasanya anak-anak bermain sepak bola, sepeda, atau berkumpul bersama teman-teman lainnya. Namun berbeda dengan anak kampung yang satu ini, Oman namanya. Bocah kampung Cibengang yang kini duduk di kelas 1 MI Cibengang. Di hari liburnya, ia isi dengan membantu sang nenek mencari kayu bakar di hutan. Meskipun begitu, tak nampak di wajahnya rasa lelah, justru senyum kegembiraan selalu nampak di wajah polosnya. Oman tak sendirian dalam membantu neneknya, ia bersama kakak dan sepupunya Hilman yang sama-sama duduk di bangku SD.

Oman dan kedua  saudaranya tinggal di rumah panggung dari kayu yang hanya berukuran 3×4 meter dan letaknya di atas bukit jauh dari pemukiman penduduk, namun hal tersebut tidak membuat keluarganya terkucilkan oleh masyarakat di kampungnya. Justru hal ini menjadi perhatian masyarakat. Tidak hanya jauh dari pemukiman masyarakat, rumah Oman pun jauh letaknya dari sekolah tempatnya menuntut ilmu. Meskipun jarak rumah ke sekolah jauh, Oman dan kakaknya tidak pernah kesiangan untuk berangkat ke sekolah. Malah ia dan kakaknya selalu datang lebih pagi dibandingkan teman-teman lainnya, hal itu dikarenakan Oman harus membawa dan menjajakan makanan kecil yang akan ia jual di sekolahnya. Makanan kecil yang dijajakan Oman dan sang kakak diambil dari tetangga dekat rumahnya, mereka hanya mendapatkan upah kecil dari hasil penjualan makanan tersebut. Hasilnya hanya cukup untuk jajan, karena kadang mereka tidak diberi uang saku untuk jajan oleh orangtuanya.

Namun semangat belajar Oman sangatlah besar, dengan keadaannya saat ini ia terlihat memiliki semangat juang yang tinggi untuk mendapatkan pendidikan. Di usianya yang terbilang masih kecil Oman seperti tak kenal dengan istilah menyerah. Semoga kelak Oman menjadi anak yang sukses, aamiin.

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.