Seru dan Asyiknya Bercocok Tanam di Zona Cocok Tanam PSB Makmal Pendidikan

Penasaran dengan kegiatan bercocok tanam di Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan? Ingin tahu juga proses menanam tanaman sendiri? Yuk ikuti kegiatan adik-adik TK Islam Al-Kalam, Telaga Kahuripan, Parung, Bogor!

PSB Makmal Pendidikan riuh dengan suara adik-adik dari TK Islam Al-Kalam, ada apa ya? Ooh ternyata mereka sedang mengikuti kegiatan bercocok tanam yang diadakan oleh PSB Makmal Pendidikan. Acaranya memang baru dimulai pukul 09.00 pagi, namun mereka sudah ramai di dalam Ruang Audio Visual, mereka terlihat tidak sabar untuk memulai kegiatan bercocok tanam. Kegiatan yang rutin dilakukan tiap dua pekan sekali ini bertujuan untuk mengajarkan anak tentang pentingnya dekat dengan alam dan menanamkan kesadaran pada anak akan hidup hijau sejak dini. Peserta kegiatan kali ini berjumlah 31 orang lho, kebayang kan ramainya seperti apa? Walau ramai, tapi para peserta tertib sekali.

Sebelum bercocok tanam di Zona Cocok Tanam PSB Makmal Pendidikan, para peserta kegiatan diajak ke perpusatakaan untuk membaca buku-buku cerita favorit mereka. Setelah puas membaca para peserta kembali ke Ruang Audio Visual untuk nobar (nonton bersama.red) film animasi tentang kehidupan sayuran dan buah-buahan. Para peserta terlihat sangat senang.

Puas terhibur dan terpingkal para peserta diajak kak Heni Jaladara dari Agroedu Tourism Jampang, Bogor, mengenal sayuran dan buah-buahan serta dilatih membuat media tanam sendiri dengan bahan yang ada di rumah seperti botol bekas. “Untuk membuat media tanam, yang harus kita perhatikan itu rumus 4R yakni Reduce, Reuse, Recycle, dan Repair. Dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di rumah adik-adik akan mudah membuat kreasi sendiri,” ujar kak Heni. Dalam pelatihan singkat membuat media tanam kak Heni telah menyediakan botol-botol bekas yang nantinya dipotong bagian tengahnya menggunakan cutter; Setelah selesai dipotong, bagian kanan dan kiri botol diikat tali rapia hingga menyerupai kalung, gunanya untuk menggantung media tanam yang telah dibuat; Nah untuk mempercantik tampilannya para peserta diminta mewarnai botol media tanam mereka.

Setelah mendapat pelatihan, para peserta langsung mempraktikkan ilmu yang mereka peroleh dengan bercocok tanam di Zona Cocok Tanam PSB Makmal Pendidikan. Memasukkan pupuk ke dalam media tanam lalu membenamkan benih sayuran yang ingin ditanam membuat para peserta terpingkal ceria, senyum mereka semakin mengembang ketika harus berkotor-kotoran dengan pupuk.

Di akhir acara ada pengumuman lima pemenang peserta terbaik lho, para pemenang mendapatkan kenang-kenangan dari mbak Heni. Tidak lupa foto bersama untuk menutup acara, seru deh.

Sampai berjumpa di Kegiatan Bercocok Tanam bersama PSB Makmal Pendidikan selanjutnya ya.

 
{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.