Semangat Berlebih

Oleh: Widati SDN Putat Nutug, anggota Komunitas Media Pembelajaran

 

“Kata orang baik, banyak teman banyak rejeki, kan, ya”.

Begitulah percakapan yang terjadi saat anggota Komunitas Media Pembelajaran (KOMED) berkumpul. Mereka, aku , kamu dan kita berkumpul atas dorongan pertemanan untuk membahas potensi serta melakukan diskusi asyik nan strategis.

Awal cipta sebuah peluang itu berawal dari semangat, ya semangat dan KOMED itulah yang membingkai semangat kami, lebih jauh lagi ke-heterogen-an pengalaman, usia, gender, budaya bahkan logat mampu menjadi pemupuk semangat berkomunitas. Semua itu terbukti dengan beberapa anggota KOMED yang mampu menerjemahkan ide dalam angannya menjadi sebentuk media pembelajaran, beberapa bait puisi serta beberapa lagu bertema pelajaran.

Terkadang dalam perjalanan waktu, adakalanya kita mengalami hari-hari yang sangat membosankan yang membuat kita malas dan tak semangat sama sekali. Ini manusiawi dan bisa terjadi pada siapapun,yang tak manusiawi yakni saat kita enggan melakukan beragam upaya untuk mengubah keadaan serta meningkatkan semangat dan optimisme hidup. Antusiasme juga semangat akan senantiasa memicu sinyal positif dalam beragam hal, orang yang penuh semangat dan antusiasme dalam menjalani kehidupannya dapat dipastikan hidupnya lebih bahagia .

Nah, gimana caranya biar semangat terus berkobar seiring kita menjalani apa yang kita senangi? Salah satu caranya dengan mengikuti Komunitas Media Pembelajaran. Jika kita telah menemukan yang kita cari maka mudah bagi kita untuk menjumpai hal-hal yang dapat meningkatkan semangat dan antusiasme, salah satunya berkumpul dengan orang orang positif yang akan memberi efek positif pada diri kita, karena lingkungan besar pengaruhnya terhadap setiap individu. Selain itu bila kita memiliki visi dan target yang jelas maka itu akan menjadi pemantik semangat yang ampuh, terlebih saat semangat mulai pudar maka pantiklah dengan impian terbesar kita. Yang berikutnya adalah publikasikan diri kita biar orang tahu bahwa kita adalah orang yang penuh semangat. Ambil lebih luas, ambil lebih besar hal-hal yang kita sukai kalau kita suka pada sesuatu pelajari hal tersebut secara mendalam, pelajari hal-hal yang mungkin kurang kita minati karena disitu ada dunia baru menanti kita.

Posisikan diri sebagai yang kita inginkan bukan sebagai apa yang orang bicarakan tentang kita . Katakan selalu pada diri sendiri “SAYA ORANG YANG PENUH SEMANGAT”. Itulah beberapa manfaat KOMED yang menjadi antusiasme para guru untuk melakukan akselerasi dalam mendidik secara elegant.

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.