Selamat Datang Duta Gemari Baca

Selamat Datang Duta Gemari Baca

 

Bogor – 1 Juni 2018. Mulai banyaknya pemuda mengambil peran dalam bidang literasi, ini merupakan momentum awal kebangkitan pemuda yang dipertemukan dengan realita literasi Indonesia hari ini. Menangkap potensi pemuda dengan merawat mereka dalam sebuah komunitas menjadi langkah pertama supaya harapan tersebut tetap ada. Merawat asa anak-anak muda ini bukan hanya sekadar menjaga motivasi mereka, tetapi kapasitas dan jaringan harus menjadi perhatian.

Makmal Pendidikan

Lingkungan masyarakat hari ini, mayoritas masih sangat awam terhadap literasi, setidaknya untuk literasi baca dan tulis. Tantangan masyarakat bukan sekedar pembiasaan dekat dengan buku, tetapi aksesibiitas media pembelajaran dan perkembangan teknologi. UNESCO mencatat bahwa minat baca di Indonesia hanya 0,001%, artinya hanya 1 orang yang terbiasa membaca dari 1000 orang.

Pengembangan Sumber Belajar dan Jaringan Literasi (PSBJL) Dompet Dhuafa mencoba mendorong peran pengembangan komunitas pemuda yang fokus dalam pembinaan dan membangun jaringan. Gerakan yang dibangun oleh PSBJL adalah gerakan mengajak masyarakat untuk mencintai membaca, dimana biasa disebut dengan Gemari Baca. Duta Gemari Baca adalah komunitas bagi pemuda yang memiliki minat dan peran di dunia literasi, baik bagi komunitas, perpustakaan, kelompok literasi maupun taman baca mereka.

Makmal Pendidikan

“Tantangan pemuda, salah satunya adalah kemampuan membaca dan apa yang dibaca. Setidaknya membaca pemuda hari ini sudah masuk pada kemampuan membaca analisis dan kritis”, ungkap Abdul Khalim, GM Makmal Pendidikan, dalam pembukaan Pesantren Literasi: Duta Gemari Baca 4. Dengan kata lain, bagi anak-anak muda yang memiliki akses terhadap buku saja masih memiliki masalah, apalagi bagi masyarakat yang jauh dari akses media informasi dan pembelajaran.

Makmal Pendidikan

Salah satu penguatan peran Duta adalah mengembangkan aktivitas literasi di lingkungan mereka masing-masing. Sebaran 18 Duta meliputi 5 propinsi, dimana memiliki karakteristik tantangan literasi masyarakatnya sangat beragam. Kebergaman ini akan menguatkan inovasi literasi yang dibangun dalam gerakan Gemari Baca. literasi Inkubasi di Bumi Pengembangan Insani Dompet Dhuafa hanya sebagai “gerbang awal” guna membangun sinergi kontribusi dan inovasi.

Selamat datang Duta Gemari Baca, Welcome to The Literacy Jungle!! (Eko)

Komentar

komentar