Sekolah Literasi Indonesia Adakan Konferensi Nasional

sliposter 

Sekolah Literasi Indonesia (SLI) adalah program dari Departemen Optimalisasi Sekolah Divisi Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa. SLI diinisiasi untuk mewujudkan sekolah berbasis masyarakat yang berfokus pada peningkatan kualitas sistem instruksional (pembelajaran) dan pengembangan kultur sekolah. Adapun aspek yang dikembangkan dari program ini adalah kecakapan literasi, efektivitas pembelajaran, kepemimpinan instruksional, efektivitas manajerial, pembiasaan karakter, dan lingkungan belajar yang kondusif.

Di tahun 2017 ini Program SLI dilaksanakan di 38 sekolah yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia, seperti Jawa Barat, Jakarta, Banten, Sumatera Selatan, Riau, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, dan Nusa Tenggara Timur. Dalam pelaksanaannya, sekolah yang menerima program SLI tersebut akan mendapatkan pendampingan intensif dari konsultan yang ditugaskan oleh Makmal Pendidikan.

Keberhasilan program SLI di sekolah bisa tercapai jika ada sinergi antara Makmal Pendidikan dengan sekolah yang didampingi. Oleh karena itu, dalam upaya membangun sinergi tersebut Makmal Pendidikan akan menggelar Konferensi Nasional Sekolah Literasi Indonesia.

Konferensi Nasional Sekolah Literasi Indonesia berlangsung dari 3 hingga 11 April 2017 di PPPPTK, Bogor, Jawa Barat. Peserta yang diundang dalam konferensi tersebut adalah kepala sekolah dari 38 sekolah penerima program SLI. Adapun tujuan dari konferensi tersebut antara lain:

  1. Mengembangkan kapasitas kepala sekolah dalam membangun budaya sekolah dan sistem instruksional.
  2. Menguatkan pemahaman kepala sekolah mengenai program SLI.
  3. Merancang rencana tindak lanjut dalam rangka mengimplementasikan program SLI di sekolah.
  4. Membangun jejaring Sekolah Literasi Indonesia.

 

Dalam konferensi tersebut, selain membahas mengenai SLI, kepala sekolah juga akan mendapatkan materi pengembangan diri, seperti komunikasi efektif dan strategi perencanaan sekolah. Di samping itu kepala sekolah juga akan dikenalkan dengan MPC4SP, sebuah metode efektif yang dikembangkan oleh Makmal Pendidikan untuk mengukur performa sekolah.

Dengan adanya konferensi ini, kepala sekolah diharapkan mampu bersinergi dengan Konsultan Makmal Pendidikan dalam meningkatkan kualitas sekolah melalui program SLI. Selain itu, sebagai pemimpin di sekolahnya, kepala sekolah diharapkan mampu menjalankan fungsi dan perannya dengan baik.

 

Komentar

komentar