Sekolah Guru Indonesia (SGI) merupakan kampus transformatif keguruan yang membuka beberapa jenis kelas (nonformal) bagi para guru, calon guru, dan pemimpin sekolah.

 

Ragam Program Sekolah Guru Indonesia:

1. SGI – PC (Professional Class)

Kelas non-formal yang melakukan proses pembinaan untuk melahirkan calon-calon guru transformatif dan teknokrat sekolah yang berkarakter pengajar, pendidik, dan pemimpin. Program ini dikhususkan bagi para freshgraduate yang siap ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia dengan usia maksimal 25 tahun dan belum menikah. Perkuliahan dan pembinaan akan dilakukan di Kampus SGI Bogor Jawa Barat dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta selama kurang lebih setahun. Setiap lulusan dari program ini akan memeroleh gelar M.Pd.I

2. SGI – EC (Executive Class)

Program peningkatan kualitas guru dari sekolah-sekolah marjinal di seluruh wilayah Indonesia dengan mengedepankan karakter Pengajar, Pendidik, dan Pemimpin. Program ini dikhususkan bagi para guru yang sudah mengajar dengan pengalaman lebih dari dua tahun dan berusia antara 25 hingga 35 tahun. Perkuliahan dan pembinaan akan dilakukan di Kampus SGI Bogor Jawa Barat selama 21 hari.

3. SGI – SMT (School of Master Teacher)

Kelas non formal untuk melahirkan guru master berkarakter Pengajar, Pendidik, dan Pemimpin guna mempercepat perbaikan pendidikan di daerah. Program ini dikhususkan bagi para guru yang sudah mengajar dengan pengalaman lebih dari dua tahun dan berusia antara 25 hingga 35 tahun. Perkuliahan akan dilakukan di suatu daerah tertentu (sesuai permintaan dan kebutuhan) selama kurang lebih 3 bulan di setiap akhir pekan.

4. SGI – TDP (Teachers Development Program)

Kelas non formal untuk peningkatan kualitas guru daerah guna mempercepat perbaikan pendidikan di daerah. Materi perkuliahan disesuaikan dengan kebutuhan di daerah tersebut.

5. SGI – SPC (School of Principal)

Kelas non formal untuk peningkatan kualitas kepemimpinan sekolah guna mempercepat perbaikan pendidikan di daerah. Program ini dikhususkan untuk para kepala sekolah, pengawas, dan juga guru senior (calon kepala sekolah) yang telah berpengalaman mengajar lebih dari 5 tahun. Perkuliahan dan pembinaan akan dilakukan di Kampus SGI Bogor Jawa Barat atau bisa juga di suatu daerah secara intensif selama selama 7-9 hari. Untuk memperkuat kecakapan, maka setiap peserta akan mengerjakan penugasan lanjutan selama minimal 1 tahun.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.