Satu Jam Lebih Dekat

IMG-20160729-WA0008

Oleh: Agung Rakhmad Kurniawan

Guru Konsultan Sekolah Literasi Indonesia Penempatan Tasikmalaya
Aku teringat akan kegiatan Satu Jam Lebih Dekat yang kudapatkan selama pelatihan dulu, tiba-tiba aku ingin sekali melakukan hal yang sama di kelasku saat tahun ajaran baru dimulai nanti.

Beberapa minggu berlalu, tahun ajaran baru pun dimulai, tanpa pikir panjang aku langsung mengekseskusi ‘Satu Jam Lebih Dekat’ dalam Pelajaran Pengembangan Diri di kelas 6, yang kubutuhkan saat ini ialah sosok inspiratif yang dekat dengan anak-anak didikku di MI Cibengang. Sosok yang mau berbagi cerita, semangat, harapan dan mimpi. Maka terpilihlah mang Iyus.

Mang Iyus? Ya, namanya Iyus, beliau sering disapa mang Doger oleh anak didikku. Kenapa mang Iyus yang kami pilih? Karena mang Iyus memiliki jiwa pemberi yang luar biasa. Sejak 2008 atau sekitar 8 tahun beliau berjualan es doger seharga Rp 1000/ cangkir di MI Cibengang, tapi tunggu dulu, hanya di sekolah kami beliau memberi harga Rp 1000, di sekolah lain bisa dua kali lipat. Aku terperangah. Ditambah lagi ternyata jarak dari rumah mang Iyus ke sekolah tergolong jauh dan luar biasa rintangannya, bayangkan setiap hari ia membawa perlengkapan berdagang es doger seember besar sendirian, betapa kuat mang Iyus.

Mang Iyus menceritakan kisahnya sebagai seorang  pedagang es doger, banyak rintangan yang ia hadapi selama berjualan, namun semuanya dapat ia lewati berkat kegigihan untuk terus berjuang mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Ia juga menekankan pentingnya berbuat baik pada orang lain, karena menurutnya hal tersebut sangat penting. “Bukan seberapa besar yang bisa kau beri, tetapi seberapa ikhlas kau melakukannya”. Kalimat dari mang Iyus memberi makna dalam pada anak-anak, dan tentu saja aku. Baru kusadari jika beliau merupakan sosok yang selalu memberi senyum untuk  anak-anak.

Hari itu mang Iyus memberikan sebuah pelajaran berharga untuk kami, terima kasih banyak mang Iyus atas keikhlasan, atas semua yang sudah diberi, semoga Allah selalu menjaga mang Iyus dan keluarga, Aamiin. Sebagai tanda terima kasih, kami memberikan bingkisan untuk mang Iyus hasil dari urunan anak-anak. Doa dari mang Yus langsung mengantar anak-anak juga dalam kebahagiaan, betapa hari ini akan menjadi kenangan untuk setiap pejuang keikhlasan, mari menginspirasi untuk kebaikan.

Salam, Pak Guru Agung dan anak-anak kaki bukit Cibengang.

IMG-20160729-WA0007 IMG-20160729-WA0006 IMG-20160729-WA0005

Komentar

komentar