Sapa Kota Gudeg, Duta Gemari Baca Perkuat Pegiat Muda Literasi Yogyakarta

Sapa Kota Gudeg, Duta Gemari Baca Perkuat Pegiat Muda Literasi Yogyakarta

 

 

 

Yogyakarta – Jumat (22/11), sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap peningkatan kualitas literasi di Indonesia Dompet Dhuafa Pendidikan adakan “Kumpul Bareng Duta Gemari Baca Batch Yogyakarta” yang bertujuan memperluas kebermanfaatan dalam memberikan aksesibilitas terhadap kegiatan literasi di berbagai daerah bersama Duta Gemari Baca. Duta Gemari Baca merupakan kumpulan anak muda pegiat literasi yang kreatif, inisiatif, dan inspiratif dalam meningkatkan minat baca dan mengembangkan literasi masyarakat di daerahnya. Duta Gemari Baca hadir sebagai upaya menebarkan semangat literasi dan meningkatkan minat baca masyarakat melalui peningkatkan kapasitas dan kemampuan pemuda dalam bidang literasi.

 

 

 

Untuk pertama kalinya seleksi Duta Gemari Baca dilaksanakan per regional, Yogyakarta terpilih sebagi kota perdana pelaksanaan kegiatan tahunan ini. Para calon Duta Gemari Baca nantinya akan diseleksi, ketika terpilih mereka akan mendapatkan pembinaan intensif melalui program Tajuk Inkubasi selama tiga hari pada 22 hingga 24 November 2019 di Sleman.  Inkubasi Duta Gemari Baca merupakan program pembinaan dan pengembangan kapasitas pegiat literasi dalam meningkatkan minat baca dan mengembangkan literasi masyarakat di daerahnya, selain itu mereka juga akan mendapatkan pelatihan seputar kepekaan sosial dalam mengembangkan literasi di masyarakat.

 

 

Pelatihan tersebut disampaikan langsung oleh Agung Pardini, GM Sekolah Kepemimpinan Bangsa; Muhammad Shirli Gumilang, SPV Sekolah Literasi Indonesia (SLI); dan Eko Prasetyo, Social Movement Institute. Selain pelatihan, Duta Gemari Baca akan mendapatkan lokakarya literasi kreatif dari pegiat literasi berprestasi secara nasional melalui TBM Kreatif Rekreatif dari Kemendikbud, diantaranya Maria Tri Suhartini, TBM Helicopter GoBook Maos dan Triyanto, TBM Guyub Rukun. Turut hadir Heni Wardatul Rohmah, Ketua Forum TBM Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan inspirasi melalui semangat gerakan literasi di Yogyakarta.

 

 

 

Duta Gemari Baca diharapkan mampu membangun simpul jejaring komunitas literasi yang mampu membangun inovasi gerakan literasi dalam upaya membangun masyarakat Indonesia yang berdaya. (MA x AR)

 

 

 

Komentar

komentar