Bertualang di Dunia Literasi

Tepat pada tgl 29-30 Juli yang lalu, Makmal Pendidikan menyelenggarakan Pesantren Kilat untuk siswa/i SD/MI dan Taman Bacaan Masyarakat disekitar Lembaga Pengembangan Insani. Kegiatan tersebut bertujuan memberikan keterampilan literasi sebagai bagian dari kecakapan hidup (life skill), yang harus dimiliki agar mampu bersosialisasi dengan baik, dan bisa meningkatkan keimanan. Serta meningkatkan daya paham dalam hal keagamaan. di sisi lain, kecakapan yang ditanamkan dalam pesantren literasi ini juga merupakan pembuka jalan bagi siswa, untuk bisa menyerap pengetahuan dari mata pelajaran yang lain.

Hari Pertama,diberikan 2 materi yang di sampaikan oleh Bapak Agung Pardini dengan Tausyiah Ramadhan dan yang kedua disampaikan materi Mind Mapping oleh Ibu Rina Faitmah.

Hari Pertama, diberikan 2 materi yang disampaikan oleh Bapak Agung Pardhini dengan Tausiah Ramadhan dan anjakan untuk meningkatkan ketakwaan, diselingi dengan quis literasi berkomunikasi dengan teman dan menulis. Yaitu menjelaskan kembali secara lisan tentang keutamaan dibulan ramadhan dan anjuran untuk meningkatkan ketaqwaan. kemudian permainan Logika kebenaran dengan tema fiqih puasa dalam bentuk mendengarkan dan berdiskusi tentang fiqih puasa dan menjelaskan kembali secara tertulis. Melalui membaca potongan kata kemudian mampu menyusunnya dengan benar, kemudian disampaikan informasi kepada temannya untuk ditulis ulang informasi tersebut. selanjutnya materi Kedua,Minda Mapping yang disampaikan oleh Ibu Rina Fatimah melalui sebuah film yang ditonton bersama mengenai perjalanan Rosul. Dengan tujuan memahami wacana lisan tentang berita dan drama pendek, mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk ringkasan mind mapping dari film yang ditonton. Dimana hal ini dapat diterapkan dalam membaca buku cerita anak terutama memahami teks yang panjang, petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi.

Hari ke 2 dimulai setelah solat dhuha berjamaah, para peserta mengikuti acara pembukaan Story Telling tentang buku cerita yang sudah dipinjamkan sebelumnya. Tujuan dari story telling ini untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan daya ingat peserta dari materi  yang sudah di baca. Acara berikutnya outbond, yang terbagi dalam 4 pos dan para peserta dibagi berkelompok bergiliran. Pada Pos I, kelompok peserta harus menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pemandu, dan jawabannya terdapat dalam sebuah amplop yang di sebar diluar. Setelah lolos lanjutkan ke Pos II, kelompok peserta diminta menempel kertas berisi tulisan nama kerajaan, tahun berdiri beserta nama rajanya dan ditempelkan pada peta yang sesuai dengan tulisan. Selanjutnya Pos III dan Pos IV, Kelompok peserta diminta menyusun puzzle potongan kertas sebuah alenia menjadi paragraf.

Tepat adzan dzuhur berkumandang,materi outbond pun selesai. Seluruh peserta bersiap sholat berjamaah, setelah itu mereka kedatangan narasumber penulis cilik usia 10 Tahun bernama Syahla Varelya Threonizzahra. Syahla berbagi ilmu menulis dengan tema pohon harapan calon penulis. Dengan harapan dapat memotivasi peserta untuk menulis dilanjutkan pembagian buku yang disertai tanda tangan penulis, pembagian reward ,  dan sosialisasi sanggar literasi Pusat Sumber Belajar. Akhirnya acara ditutup dengan buka puasa bersama keluarga besar Makmal Pendidikan dan hiburan dari Pendongeng Ka Tony Surahman.

Terimakasih buat seluruh peserta yang sudah hadir dan teman-teman yang sudah berkontribusi. InsyAllah Tahun Depan,Pesantren Kilat Literasi akan hadir kembali, ditunggu ya 🙂

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.