Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa Adakan Uji Kelayakan Media Pembelajaran

Meskipun semua media pembelajaran baik digunakan untuk membantu anak-anak belajar, namun pada pengimplementasiannya ada beberapa faktor yang membuat media pembelajaran sulit untuk digunakan anak ketika belajar. Hal tersebut dikarenakan masing-masing anak memiliki perbedaan minat akan cara belajar yang diterapkan. Oleh karenanya pada Kamis (25/11) Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa melakukan Uji Kelayakan Media Pembelajaran yang dilakukan di PAUD Pengembangan Insani, Parung, Bogor dan beberapa PAUD lain di sekitar PSB.

Uji kelayakan media pembelajaran merupakan sebuah upaya Pusat Sumber Belajar dalam  menguji coba keefektifan dan kelayakan media pembelajaran dalam pembelajaran di kelas. Kegiatan yang dilakukan selama dua hari ini dimaksudkan untuk membandingkan proses pembelajaran  yang efektif dengan tujuan untuk mengevaluasi kualitas media pembelajaran, melihat efektivitas media pembelajaran dalam proses pembelajaran, juga untuk melihat apakah para guru dapat menggunakan media tersebut untuk alat bantu ajar, dan yang utama untuk melihat efektivitas media dalam penyampaian materi ajar kepada siswa.

Pada kesempatan kali itu ada dua kegiatan penting yang dilakukan. Pertama, Macro Teaching di mana guru akan melakukan pembelajaran di kelas menggunakan media pembelajaran yang akan diuji coba tanpa menggunakan media yang akan diuji cobakan. Kedua, isi Kuesioner, setelah selesai macro teaching  guru dan observer akan mengisi kuesioner uji kelayakan media pembelajaran yang akan dibagikan tim PSB.

PSB dan PAUD Pengembangan Insani bekerjasama melakukan uji kelayakan dua alat peraga yakni Maket Kebun Binatang dan Maze Hewan karya para guru dari PAUD Pengembangan Insani. “Uji kelayakan ini dilakukan di 3 sekolah, diawali di PAUD Pengembangan Insani, kemudian disusul PAUD Al-Hidayah dan Al-Asyree. Kegiatan ini bukan hanya untuk melihat seefektif apa media pembelajaran yang guru gunakan kepada siswa-siswanya, tapi juga untuk melihat pencapaian perkembangan anak di dalam aspek moral & agama, aspek bahas, aspek kognitif, dan aspek motorik,” tutur Siska Distiana, Supervisor Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa.

{fcomment}

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.