PSB Makmal Pendidikan Bentuk KOMMED

Pada Kamis (25/09/2014), Ruang Aula Smart Dompet Dhuafa didatangi oleh para guru dari berbagai sekolah dasar yang terdapat disekitar Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa. Riuh rendah suara mereka menikmati kegiatan yang diadakan oleh PSB Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa tersebut

Kali ini PSB Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa mengadakan acara pelatihan dan pembentukan komunitas untuk para guru bertajuk: “Inovasi Media Pembelajaran”, acara tersebut bertujuan untuk mengajak para guru untuk aktif dan kreatif dalam membuat alat peraga. Selain itu mereka juga diajarkan untuk membuat alat peraga pembelajaran yang murah, mudah, dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini para guru mampu membuat produk media pembelajaran yang dapat digunakan dan dimanfaatkan baik di sekolahnya dan di sekolah lain.

Kegiatan ini diikuti oleh 20 guru dari 10 sekolah dengan perwakilan masing-masing 2 orang guru dari tiap sekolah, namun karena satu dan lain hal tidak semua sekolah dapat mengirimkan wakil mereka untuk mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini akan dilaksanakan bertahap selama 4 bulan, dari September hingga Desember 2014.

“Semoga kegiatan ini akan terus berkembang dan semoga nantinya para guru mampu membuat media pembelajaran baru yang lebih kreatif, inovatif dan tak membutuhkan biaya banyak”, tegas Siska Distiana, Supervisor Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa. Para peserta pelatihan selanjutnya diajak berkeliling untuk melihat-lihat Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Dompet Dhuafa.

“Wah perpustakaannya bagus ya. Semua fasilitas di sini bisa kami gunakan?”, tanya ibu Iis guru SDI Nurul Iman ketika diajak berkeliling Pusat Sumber belajar (PSB) Makmal Dompet Dhuafa Kamis pagi. Kunjungan ke PSB Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa bertujuan untuk mengenalkan beragam fasilitas yang tersedia di sana. “Semua fasilitas yang terdapat di PSB Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa ini dapat ibu-ibu sekalian akses dan gunakan secara cuma-cuma”, jawab Siska Distiana.

Setelah puas berkeliling PSB Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa para peserta pelatihan kembali digiring untuk mengikuti kelas Berpikir Kreatif dan Inovatif yang disampaikan oleh Trainer Dompet Dhuafa, Iwan Sahrudin. “Kita harus berpikir di luar kotak”, ujar Iwan Sahrudin,”Kita harus bisa mengembangkan dan memanfaatkan potensi barang-barang yang ada disekitar kita sebagai sebuah media pembelajaran”, tambahnya. Di sesi ini para peserta pelatihan ditantang untuk membuat media pembelajaran sesuai dengan kreativitas mereka masing-masing, dan pada sesi selanjutnya mereka diminta untuk membuat kartu penjumlahan bulat negatif yang nantinya dapat mereka aplikasikan langsung untuk mengajar di kelas.

Ragam aktivitas mengasyikan disuguhkan pada kegiatan PSB Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa kali ini, dan puncak acara ditutup dengan pembentukan Komunitas Media Pembelajaran (KOMMED). KOMMED merupakan sebuah wadah untuk memfasilitasi guru dalam membuat media pembelajaran sederhana dan inovatif. Aktivitasnya beragam mulai dari workshop, asistensi, dan konsultasi dalam membuat media pembelajaran. “Tindak lanjut dari pelatihan ini adalah dibentuknya Komunitas Media Pembelajaran (KOMMED). Anggota perdananya adalah para guru super peserta pelatihan hari ini.. Yuuk, para guru yang lain juga boleh ikutan lhooo”, tutup Siska Distiana. [Akhie]

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.