Proyek Kelas Sosial : Mencari Modal Tanpa Modal

Tri Artivining
E-mail: artsmarties@yahoo.com

Abstrak

Pembekalan keterampilan hidup merupakan kebutuhan bagi setiap peserta didik. Pembekalan ini tidak lagi hanya berorientasi pada pemberian materi teoritis namun perlu ditunjang dengan pengalaman langsung, baik berupa simulasi maupun kerja nyata. Proyek Kelas Sosial “Mencari Modal Tanpa Modal” dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pengalaman berwirausaha, menambah pengetahuan siswa tentang kewirausahaan, memotivasi siswa untuk berani menghadapi hidup tanpa harus menjadi pegawai, menumbuhkan karakteristik kewirausahaan, menumbuhkan keterampilan sosial, dan menumbuhkan kecerdasan emosional siswa.

Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yang disebut Proyek Jilid I (satu) dan Proyek Jilid II (dua). Pada Proyek Jilid I, siswa ditantang untuk menghasilkan ide-ide usaha sederhana yang dilakukan dengan tujuan mendapatkan modal tanpa mengeluarkan uang sedikit pun. Proyek ini dilaksanakan di sela-sela waktu senggang siswa, baik di sekolah maupun di asrama. Proyek Jilid II dilaksanakan dengan tahapan awal mengumpulkan ide usaha, presentasi dan diskusi ide usaha, proses produksi, promosi, dan pemasaran. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa buku pedoman proyek, angket evaluasi siswa pelaksana, angket evaluasi konsumen dan rekanan serta wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa proyek kelas sosial yang dilakukan dapat meningkatkan pengalaman dan pengetahuan kewirausahaan serta keterampilan sosial dan kecerdasan emosional siswa. Dari hasil wawancara juga diketahui bahwa proyek ini mampu melatih kemandirian siswa, meningkatkan keberanian dan kepercayaan diri serta meningkatkan kemampuan bersosialisasi siswa.

Kata kunci: keterampilan siswa, kewirausahaan, proyek kelas sosial, kemandirian, kemampuan
bersosialisasi

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.