Perpustakaan Ramah Anak

Perpustakaan menuntun anak-anak untuk bertanya tentang dunia dan menemukan jawabannya. Hal yang paling menakjubkan adalah saat sekali saja anak-anak belajar bagaimana memanfaatan perpustakaan dan saat itu juga pintu untuk belajar terus terbuka untuk mereka. [anonim]

 

BOGOR,Dompet Dhuafa – Setelah persiapan yang cukup melelahkan akhirnya Perpustakaan Ramah Anak yang tersebar di delapan sekolah di kecamatan Ciseeng dan Parung resmi dibuka. Adapun dalam pembukaan tersebut hadir Kepala Dinas,Kepala UPT Ciseeng dan Parung,Tokoh Masyarakat hingga warga sekitar yang merupakan wali murid dari sekolah tersebut.

Adalah SDN Lebak Wangi yang mendapati urutan pertama yang siap meresmikan perpustakaan mereka, tepatnya tanggal 03 Oktober 2015. Acara yang sederhana dan meriahpun digelar, banyak tamu undangan yang hadir termasuk sekolah-sekolah pendampingan yang lain. Peresmian pun bergeser ke SD Waru 05 dan Putat Nutug 04 pada 06 Oktober 2015. Acara yang menarik adalah ketika di siswa-siswi SDN Putat Nutug 04 bermain drama singkat tentang “Asiknya Datang ke Perpustakaan”. Biarpun saat itu cuaca sangat terik tapi rupanya semangat mereka mengalahkan panasnya matahari saat itu. Selanjutnya menyusul, SD Iwul 03 pada 08 Oktober 2015,SD Parung 04 di tanggal 9 Oktober 2015,serta SD Bojong Sempu 01 pada 15 Oktober 2015. Sedangkan penutup ada pada SD Cibeuteung Udik 01 di tanggal 19 Oktober 2015 dan SD Ciseeng 01 di tanggal 20 Oktober 2015.

Persiapan peresmian perpustakaan ini dibilang singkat. Mengingat waktu yang diberikan hanya satu bulan dari workshop yang mereka ikuti di tanggal 8-11 September 2015. Namun demikian, dengan kerja fokus, kerjasama yang baik antara guru,siswa dan komite akhirnya semuapun berjalan lancar. Semua pihak ikut serta dalam persiapan perpustakaan mereka. Ada yang membantu mencap,memberikan stiker serta mendekor perpustakaan mereka agar lebih indah. Sedangkan para wali murid membantu menyediakan kopi dan cemilan untuk mereka para guru yang lembur untuk persiapan peresmian.Luar biasa!

Perpustakaan Ramah Anak pun resmi dibuka untuk anak-anak. Mereka yang sebelumnya tidak memiliki perpustakaan yang indah,buku-buku bacaan yang bagus dan tempat yang nyaman untuk membaca tentu dengan hadirnya perpustakaan ini menjadi semangat baru untuk anak-anak dalam belajar dan berprestasi.

Melihat semangat dan keceriaan anak-anak menyambut perpustakaan baru mereka,kamipun berharap kelak dari perpustakaan-perpustakaan tersebut lahirlah generasi muda yang membanggakan yakni generasi yang menjadikan Indonesia ini lebih baik,maju dan beradab! Mari berdoa. (Dini)

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.