Perluas Jaringan, Duta Gemari Baca Ikuti Workshop Networking

Pelatihan Duta Gemari Baca1

Bogor- Kondisi literasi di Indonesia dapat dibilang masih kurang. Indonesia saja tercatat menempati peringkat 64 dari 65 negara yang menjadi objek penelitian Programme for International Students Assessment (PISA). Tingkat membaca siswa di Indonesia menempati urutan 57 dari 65 negara (PISA, 2010). Indeks minat baca pun masih berada pada 0,001 yang artinya dari 1000 orang hanya 1 orang yang membaca.

Fenomena berkaitan dengan literasi ini sangat dekat hubungannya dengan aksesibilitas masyarakat terhadap buku. Kemampuan literasi anak dan siswa sangat berkaitan dengan sarana dan prasarana di lingkungan sekolah. Begitu pula dengan masyarakat umum, mayoritas di Indonesia tidak memiliki taman baca masyarakat (TBM). Karena itu Makmal Pendidikan menginisiasi Pusat Sumber Beajar (PSB) sebagai wadah pengembangan minat membaca dan literasi, komponen literasi yang dikembangkan di PSB antara lain Gemari Baca , menulis, story telling dan permainan literasi.

Sebagai upaya memasifkan edukasi literasi, Gemari Baca membangun sistem kerelawanan yang biasa disebut Duta Gemari Baca. Duta Gemari Baca merupakan kumpulan pemuda yang memiliki minat khusus dalam pengembangan literasi dan semangat kontribusi yang tinggi. Melalui mereka  diharapkan jangkauan pengembangan literasi masyarakat bisa jauh lebih luas dan efektif.

P_20161119_094145

Program Gemari Baca dilakukan di sektor formal yakni sekolah maupun informal seperti taman bacaan, keluarga,komunitas dan kelompok lainnya. Gemari Baca adalah salah satu inisiatif dari Dompet Dhuafa Pendidikan dalam menjawab tantangan Budaya Baca di Indonesia.

Untuk mengasah kemampuan para Duta dalam memberikan pemahaman pentingnya membaca dan pentingnya menjalin relasi dengan masyarakat serta para pemangku kebijakan, pada Sabtu (19/11) Makmal Pendidikan bekerjasama dengan Strategic Partnership Dompet Dhuafa Pendidikan menggelar “Workshop Networking and Partnership” yang dilaksanakan di PSB Makmal Pendidikan.

P_20161119_094124

Selama dua jam 30 peserta yang hadir diajarkan cara membentuk networking dan cara membangun kemitraan yang baik. Dini Wikartaadmadja dan Andi Angger didapuk menjadi pembicara, keduanya memaparkan berbagai tips dan trik serta cara jitu dalam membangun jaringan yang luas, sinergis, dan berkelanjutan.

“Workshop ini akan menjadi bekal untuk mereka karena mereka diharapkan mampu membangun jaringan, kami juga ingin agar para Duta memiliki kemampuan personal yang baik. Kenapa? Karena mereka membawa satu misi untuk mengaungkan Gemari Baca, oleh karenanya mereka harus belajar,” ungkap Dini, Creative Librarian PSB Makmal Pendidikan.

Workshop yang digelar mulai pukul 09.00 sampai 17.00 diharapkan mampu membuat Duta memahami urgensi membangun strategic parternship, mampu memahami dengan baik tahapan membangun networking, membuat Duta memiliki pengetahuan untuk melakukan pemetaan jaringan, dana mampu mengelola jaringan yang sudah dimiliki.

P_20161119_094650

“Workshop ini merupakan lanjutan dari workshop sebelumnya, kami akan terus membina para Duta agar menjadi representatif Gemari Baca yang mampu membangun kesadaran akan pentingnya membaca,” ujar Hani Karno, Koordinator Duta Gemari Baca. “Dan pelatihan ini tak akan berhenti sampai di sini saja,” tutupnya. (AR)

 

Komentar

komentar