Perkuat Tali Silaturahmi, MI Raudhatul Jannah Gelar Ramah Tamah Penamatan Siswa

aaaaaa

Madrasah Ibtidaiyah (MI) Raudhatul Jannah sebagai satu-satunya madrasah yang menjadi dampingan Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa dalam Program SekolahLiterasi Indonesia (SLI) 2017 di Konawe Selatan, merayakan euforia kelegaan setelah mengikuti UASBN dengan menggelar acara Ramah Tamah Penamatan Siswa Kelas 6 Angkatan Ke-4.

Madrasah yang sudah menamatkan lulusan ke-4 pada tahun ini tak pernah luput mengagendakan acara perpisahan tersebut sebagai acara rutin yang harus digelar oleh madrasah setiap tahunnya.

Untuk kali ini, pelaksanaan acara ramah tamah penamatan siswa ini disegerakan oleh madrasah meski belum melaksanakan ujian untuk siswa kelas 1-5, karena mengingat waktu bulan ramadhan yang sudah tinggal menghitung jari. Akhirnya diputuskanlah pada 24/5/2017 digelar acara ramah tamah penamatan siswa kelas 6 di sekolah tersebut.

Tujuan utama dari acara ini bukan hanya merayakan pelepasan siswa yang hendak lulus. Namun dibalik itu, acara ini dapat menjadi wadahdalam menjalin tali silaturahmi antara madrasah, wali murid dan masyarakat sekitar.
Sehingga nantinya dapat berdampak terhadap munculnya sinergi antara madrasah dan masyarakat untuk ikut membantu dalam meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah. “Dengan acara seperti ini, kita berharapnya ke depan masyarakat lebih peduli lagi terhadap satu-satunya madrasah yang ada di Desa Bomba-Bomba ini dan mau membantu kami untuk ikut memperbaiki kualitas pendidikan di madrasah kami,” tandas Imanuddin, kepala madrasah yang juga sebagai perintis berdirinya madrasah.

Timbulnya kepedulian dan sinergi untuk menjadikan madrasah lebih baik lagi, itulah yang juga menjadi salah satu tujuan pendampingan oleh Makmal Pendidikan dengan mengirim konsultan relawan ke sekolah.

Acara yang digelar oleh MI RJ ini selain menjadi wadah silaturahmi mewujudkan sinergi dengan wali murid dan masyarakat sekitar, juga menjadi ajang untuk menampilkan kreatifitas murid-muridnya pada khalayak ramai.

Pasalnya, dalam acara ditampilkan berbagai macam kreasi seni yang dibawakan oleh siswa-siswa dari kelas 1 hingga kelas 6 yang akan meninggalkan madrasah. Ada yang menampilkan drama, gerak tari, persembahan lagu, seni qasidah rebana, juga hafalan surah-surah dalam Al-Qur’an. Ada pula penampilan pidato oleh salah satu siswa kelas 4 (Adelya) yang menjadi juara 2 Pidato Bahasa Indonesia dalam lomba KSM tingkat Kabupaten Konawe Selatan.

Dengan adanya penampilan para siswa tersebut, diharapkan masyarakat dapat menilai bahwa MI RJ mempunyai nilai lebih sebagai pelaksana pendidikan, memiliki prestasi yang patut untuk diperhitungkan dan dikembangkan. “Ini adalah kesempatan untuk kita menunjukkan pada masyarakat bahwa siswa-siswa kita mampu dan sekolah kita layak untuk dipandang,” jelas Tuti selaku ketua panitia acara dan pembimbing seni qasidah rebana.

Dalam acara tersebut, hadir pula Kepala Kemenag Konsel Adnan Saufi. Dalam sambutannya, ia tak hanya mengapresiasi apa yang telah diusahakan madrasah untukmenjadi lebih baik, dia juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap madrasah, mewujudkan sinergi dalam melaksanakan pendidikan.

“Bapak dan ibu sekalian, jangan segan-segan menyekolahkan putra-putrinya di madrasah, pasti bapak dan ibu akan merasakan manfaat lebih dengan menyekolahkan putra-putri ibu di madrasah. Dan saya tidak segan-segan meminta pada bapak ibu masyarakat hadirin sekalian, mari ikut membantu, mengawasi dan peduli terhadap pelaksanaan pendidikan di madrasah,” ungkap Adnan.

Acara ramah tamah yang juga sempat diguyur hujan ini, berubah menjadi haru oleh tangis para guru, siswa dan orang tua, saat dibacakannya pesan dan kesan oleh siswa-siswa kelas 6.

Tangis sedih melepas anak-anak yang sudah dibimbing selama 6 tahun diiringi harapan dan doa untuk mereka, semoga dapat selalu memegang teguh nilai-nilai yang diajarkan madrasah dan menjadi generasi penerus bangsa yang berkahlakul karimah.

Kiriman dari: Aliyah
Konsultan Relawan SLI Makmal Pendidikan Dompet DhuafaPenempatan Konawe Selatan

Sumber: https://www.portalsultra.com/perkuat-tali-silaturahmi-mi-raudhatul-jannah-gelar-ramah-tamah-penamatan-siswa/

Komentar

komentar