Pentingnya Bersinergi dengan Komite Sekolah

Pada dasarnya sekolah yang baik adalah sekolah yang mampuh bersinergi dengan masyarakat sekolah. Dalam hal ini kepala sekolah hendaknya membangun kerjasama yang baik antara guru-guru, siswa, komite sekolah, orangtua, masyarakat dan pemerintah setempat. Namun pada kenyataannya masih banyak sekolah yang belum mampuh menjalankan hal tersebut, terutama dengan komite sekolah.

Komite sekolah terkadang hanya dijadikan sebatas pelengkap dari tuntutan administrasi atau penandatanganan Laporan Pertanggung jawaban dana BOSS semata dan jarang sekali ada komite sekolah yang betul-betul menjalankan fungsinya sebagai komite sekolah sebagaimana mestinya.

Sebagaimana kita ketahui bahwa komite sekolah terdiri dari para orang tua siswa yang memiliki kepentingan terhadap keberhasilan anak-anaknya. Adapun peran dari komite sekolah yaitu; memberikan pertimbangan dalam memberdayakan masyarakat sekitar sekolah, serta menentukan dan melaksanakan kebijakan pendidikan; mendukung kerjasama sekolah dengan masyarakat baik itu berupa finansial, ide, maupun tenaga dalam penyelengaraan pendidikan; mendorong keterlibatan masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan dan masih banyak lagi peran komite sekolah.

Jika kita dapat mengoptimalkan peran komite sekolah dengan baik dan efektif maka secara otomatis sekolah terbantukan dalam urusan-urusan tertentu. Misalnya saja dari segi pembangunan sekolah, secara otomatis sekolah mendapatkan bantuan tenaga dalam membangun sekolah sehingga sekolah tidak mesti menyewa jasa tukang bangunan dalam melaksanakan pembagunan sekolah. Selain itu komite sekolah juga dapat membantu sekolah dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap sekolah.

Sebagiamana yang terjadi di SDN 012 Tubbi Kec. Tubbi Taramanu Kab. Polewali Mandar. Awalnya sekolah tersebut belum mengoptimalkan peran komite secara baik dan efektif setelah mendapatkan bimbingan dan Pelatihan tentang Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Sekolah (PPMBS) dari Guru Konsultan Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa barulah kepala sekolah dalam hal ini ibu Masnah tertarik dan bersemangat untuk mengoptimalkan peran komite sekolah.

Langkah awal yang beliau lakukan adalah membentuk Komite sekolah yang baru, kemudian ibu Masna selaku Kepala SDN 012 Tubbi dan dibantu oleh dua Guru Konsultan Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa mengadakan pelatihan kepada para komite yang baru dibentuk. Dalam pelatihan ini para komite diberikan pengetahuan awal seperti tugas dan tanggung jawab komite sekolah kemudian mereka juga diajarkan bagaimana menyusun program kerja selama setahun agar dapat meningkatkan mutu pendidikan di SDN 012 Tubbi.

Alhamdulilah setelah dibentuknya komite sekolah yang baru dan telah mendapatkan pelatihan pemberdayaan berbasis komite sekolah akhirnya para orang tua dan masyarakat mulai sadar dan aktif dalam hal meningkatkan mutu sekolah hal ini terlihat dari banyaknya para orangtua dan tokoh masyarakat yang hadir dan terlibat lagsung dalam kegiatan Pelatihan parenting yang diadakan oleh sekolah dan  dua Guru Konsultan Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa.

Semoga kedepannya SDN 012 Tubbi dapat menjadi lebih baik lagi dan buat sekolah-sekolah yang lain agar sekiranya lebih mengoptimalkan lagi peran komite sekolah dengan baik dan efektif.

 

Sumber: http://www.sulbar.com/m/news-706-pentingnya-bersinergi-dengan-komite-sekolah.html

Komentar

komentar