Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Teknik Menulis Akrostik pada Siswa Kelas Va MI Semplak Pilar, Kabupaten Bogor

Kartini
E-mail: kartini_kredo@yahoo.com

Abstrak

Salah satu materi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang dianggap sulit oleh siswa adalah puisi. Kesulitan ini dikarenakan menulis puisi membutuhkan proses dan sangat dipengaruhi oleh kebiasaan siswa. Salah satu strategi menyikapinya yang cukup mudah dan menyenangkan adalah dengan cara menguraikan nama diri. Menulis puisi dengan cara seperti ini akan menjadi pengalaman bermakna bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil peningkatan kemampuan menulis puisi bebas pada siswa kelas VA Semester II MI Semplak Pilar, Kabupaten Bogor setelah menerapkan teknik menulis akrostik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Satu kali pertemuan di siklus I dan dua kali pertemuan di siklus II. Data observasi siswa dan guru dianalisa secara kualitatif dengan lembar observasi keaktifan siswa dan guru. Adapun hasil menulis puisi bebas siswa dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif.

Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik menulis akrostik dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas VA Semester II MI Semplak Pilar. Peningkatan kemampuan siswa tersebut dapat terlihat baik dalam proses belajar mengajar maupun hasil karya menulis puisi bebas masing-masing. Pada tahap evaluasi, hasil tes siswa yang telah dievaluasi observer dan peneliti menunjukkan kemajuan yang menggembirakan bagi proses pengajaran menulis puisi bebas dengan menerapkan teknik menulis akrostik pada siswa kelas VA semester II MI Semplak Pilar.

Kata kunci : keterampilan menulis, puisi bebas, teknik menulis arkostik, karya siswa

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.