Peningkatan Kemampuan Menanggapi Disertai Alasan Terhadap Tayangan Sinetron dengan Teknik Mediasi Aktif Positif dan Negatif pada Siswa Kelas VI Semester I SDN 13 Manggelewa Tahun Pelajaran 2012-2013

Clara Novita Anggraini
Alumni Sekolah Guru Indonesia Dompet Dhuafa
E-mail: claranovitaanggraini@gmail.com/cla_com05@yahoo.com

Abstrak

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah mendeskripsikan hasil dan langkah penerapan teknik mediasi aktif positif dan negatif (salah satu teknik dalam parental mediation) untuk meningkatkan kemampuan menanggapi disertai alasan terhadap tayangan sinetron pada siswa kelas VI semester I SDN 13 Manggelewa Tahun Pelajaran 2012-2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah teknik tes. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif yakni membuat daftar skor hasil tes memberikan tanggapan disertai alasan terhadap tayangan sinetron. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik mediasi aktif positif dan negatif dapat meningkatkan keterampilan menanggapi disertai alasan siswa kelas VI SDN 13 Manggelewa Tahun Pelajaran 2012-2013. Data tes pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 62,73 dan siklus II diperoleh hasil 98,64. Hasil ini menunjukkan peningkatan dari siklus I sebesar 28,64. Data persentase ketuntasan kelas juga mengalami peningkatan. Pada siklus I 45,45%. Selanjutnya, pada siklus II persentase ketuntasan kelas meningkat 54,55% menjadi 100%.

Kata kunci: keterampilan berbicara, menanggapi disertai alasan, tayangan sinetron, teknik mediasi aktif positif dan negatif.

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.