Pengalaman Baru Para Siswa Sekolah Tapal Batas

IMG-20160801-WA0002

Oleh: Shalipp Sanri Geolfano.

Guru Konsultan Penempatan Sekolah Tapas Batas

 

Ini adalah hari pertama aku mengajar di kelas 1 pasca penerimaan siswa baru. Siswa MI kelas 1 Sekolah Tapal Batas secara terdaftar berjumlah 10 orang, tapi sampai dengan hari ini yang hadir selalu ya hanya sampai 6 orang. Kalau ditanya 4 lainnya ke mana? Mungkin mereka belum pulang di luar negeri (Tawau, Malaysia). Keenam siswa itu adalah Suardi, Ahmad Yahya, Edil, Ridwan, Sulfiani, dan Nurul. Betapa lugu, lucu, dan menggemaskan mereka.

Sebelumnya saya sudah sering berinteraksi dengan mereka. Di STB saya biasa mendampingi Ummi Sholiha (Wali kelas 1) dalam proses persiapan dan pelaksanaan pembelajaran, jadi sudah sedikit tau tentang karakter ke enam bocah ini.

Di hari yang spesial ini saya ingin memberikan sesuatu yang berkesan buat mereka dan bisa membuat kami lebih dekat ke depannya. Hitung-hitung juga sebagai balasan karena di #HariAnakNasional kemarin saya tak memberikan sesuatu di hari Sabtunya terkecuali di hari Jumat mengajak mereka memainkan permainan tradisional yakni bentengan. Hari ini aku mengajak keenam siswa baruku beserta 4 orang tambahan dari siswa lamaku di kelas 2 (Aidil, Sarman, Juli, dan Nur Hidayah) untuk berkunjung ke puskesmas. Alasannya karena sub tema pekan ini adalah tentang diriku jadi saya ingin mengajarkan kepada mereka bagaimana menjaga dan merawat tubuh mereka.

Alhamdulillah, siswa-siswiku hari ini dapat ilmu yang berharga. Diawali dengan keliling-keliling melihat-lihat ruangan puskesmas mulai dari ruangan UGD, mencoba melihat sel darah menggunakan mikroskop di laboratorium, sampai dengan ke ruang apotek. Setelah itu para siswa baruku diantar oleh para dokter dan kawan-kawan #NusantaraSehat2 ke depan puskesmas untuk diajarkan cara cuci tangan dan gosok gigi dan cuci tangan yang baik dan benar.

Terima kasih para guru hebat atas ilmunya hari ini dan terima kasih buat sikat gigi, pasta gigi, dan ember cuci tangannya. Keren, keren, keren…

 

IMG-20160801-WA0003 IMG-20160801-WA0004

Komentar

komentar