Pelatihan SLiMS, Pengembangan Pelayanan Perpustakaan ala Makmal Pendidikan

Bogor- Dari banyaknya aplikasi perpustakaan yang digunakan dalam kegiatan otomasi, salah satu yang kini sedang populer adalah SLiMS (Senayan Library Management System). SLiMS merupakan perangkat lunak manajemen perpustakaan yang terintegrasi dengan menyediakan banyak fitur pendukung kegiatan di perpustakaan. Fitur-fitur ini meliputi pengelolaan data deskripsi bibliografi koleksi, penelusuran OPAC (online public access catalog), manajemen keanggotan perpustrakaan, layanan peminjaman/sirkulasi buku, pembuatan laporan, pemeliharan koleksi, dan masih banyak lagi. Lisensi SLiMS berbentuk GPL (General Public License) atau lebih dikenal sebagai open source, membebaskan pengguna dalam menggunakan, menyebarkan, dan bahkan memodifikasi aplikasi. Dengan demikian SLiMS menjadi pilihan menarik bagi banyak perpustakaan sekolah.

Untuk membantu dan mewujudkan sumber daya serta pelayanan perpustakaan yang lebih baik, Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa menggelar Pelatihan SliMS yang diadakan di Ruang Audio Visual Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan pada Rabu (29/4). Pelatihan yang diadakan pukul 09.00 pagi dan dihadiri 8 peserta dari 5 sekolah ini bertujuan untuk membantu memberdayakan perpustakaan sekolah untuk dapat melaksanakan kegiatan automasi perpustakaan dengan memberikan pendidikan pengelolaan perpustakaan berbasis teknologi informasi kepada petugas perpustakaan, selain itu pelatihan ini juga menyediakan sarana untuk berbagi data katalog koleksi perpustakaan melalui kerjasama katalog induk bersama perpustakaan sekolah.

Pelatihan serta pendampingan SLiMS merupakan hasil kerjasama antara Fakultas Teknologi Informasi Univeristas YARSI dan Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa. Wardiyono, SS, MBA, yang merupakan salah satu pengajar dan pengembang SLiMS dari Fakultas Teknologi Informasi Unversitas YARSI didapuk sebagai pemateri kala itu. Peserta banyak dibekali materi terbaru seputar SLiMS dan mereka terlihat sangat antusias mengikuti jalannya pelatihan. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini para peserta mampu mengembangkan kemampuan dalam penguasaan teknologi serta pengembangan pelayanan perpustakaan menjadi lebih baik lagi.

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.