Pelatihan SEP Membawa Perubahan

Oleh : Abdul Fatah, Lc.
Trainer Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa

Semangat menggelora terjadi di kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Bahkan mungkin jauh memberikan kesan sangat mendalam bagi tim makmal yang memberikan training SEP (Shifting Education Paradigm) pertama, terutama semangat para pesertanya yang sangat luar biasa.

Panitia harus menyebar undangan ke 15 SDN se-Kecamatan Jagoi Babang (perbatasan Serawak) dan dua sekolah dari Kecamatan Siding dan Kecamatan Seluas (keduanya di perbatasan Serawak). Semula direncanakan dua sampai tiga sekolah saja yang diikutsertakan. Mengingat jarak tempuh yang jauh dan medan yang sulit. Akan tetapi antusiasme dan kekhawatiran akan terjadinya iri yang berlebihan dari sekolah-sekolah lain, maka diputuskan untuk mengikutsertakan seluruh sekolah di kecamatan Jagoi Babang dan dua sekolah terdekat dari dua kecamatan lain yang berbeda. Training dilaksanakan di SDN 05 Saparan

Selain itu, panitia juga mengundang Ka Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang, Camat Seluas, Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Seluas, Kepala Desa Kumba, dan seluruh pengawas sekolah di Kecamatan Jagoi Babang. Seluruh undangan menyatakan kesiapan hadir pada acara pembukaan, tetapi dalam konfirmasi H-1 Kadinas dan camat mewakilkan kepada stafnya. Selain memberikan kata sambutan perwakilan camat juga membuka secara resmi acara pelatihan. Bapak Hambali selaku kepala desa sekaligus sesepuh desa Kumba menutup dengan doa secara islam, dan memberikan kesempatan juga kepada peserta non muslim untuk berdoa sesuai keyakinan masing-masing.

Seperti wilayah Beranda yang lainnya, di Bengkayang Kalimantan Barat, Training SEP pun dilaksanakan dalam pelatihan pertama di sekolah dilaksanakan 2 hari, bertempat di SDN 05 Saparan – Bengkayang – Kalbar. Yang sangat menarik dari peserta  adalah SEMANGAT dan ANTUSIASME dibalik jauhnya jarak tempuh, sulitnya medan, ketiadaan sinyal hp, dan tingginya resiko. Jarak dari Pontianak Kabupaten Bengkayang sekitar 99 km. Dari Bengkayang – kec. Seluas sekitar 191 km dari kec. Seluas ke SDN 05 Saparan sekitar 28 km. Total jarak tempuh dari bandara ke lokasi training 318 Km. Perjalanan harus menembus hutan Bengkayang. Sepanjang jalan hampir tidak dapat sinyal HP kecuali pada titik-titik tertentu, banyak ruas jalan yang rusak berat, berlubang cukup dalam. Perjalanan dari Kecamatan Seluas ke sekolah SDN 05 Saparan berjarak sekitar 28 km. Mobil hanya dapat menempuh jarak sampai kilometer 22 (sampai ke rumah kepala sekolah saja). Sementara sekitar 6 km hanya dapat ditempuh dengan motor, jika tidak hujan butuh sekitar 45 menit. Jika hujan harus menunggu besok hari dengan waktu sekitar 1,5 sampai 2 jam. Adapun dengan perahu mesin sekitar 2 jam perjalanan dengan biaya Rp 500.000.

Komentar

komentar