Pelatihan Riset Tahap 3 – Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa

Pada Selasa (30/09) pagi, Departemen Penelitian dan Pengembangan Pengetahuan Dompet Dhuafa kembali mengadakan acara Pelatihan Riset  yang saat ini sudah memasuki Tahap 3 dengan tema “Pengolahan dan Analisis Data Penelitian”. Pelatihan Riset Tahap III merupakan bentuk tindak lanjut dari kegiatan pelatihan riset tahap 2 yang telah dilakukan sebelumnya pada Juni 2014 lalu. Tujuannya untuk menciptakan, membiasakan, dan melestarikan budaya riset di Divisi Pendidikan Dompet Dhuafa dan juga sebagai langkah awal mempersiapkan strategi untuk merespon secara aktif dan partisipatif terhadap kegiatan riset yang ditawarkan oleh pemerintah.

Kegiatan ini dihadiri oleh 18 peserta yang berasal dari perwakilan jejaring Divisi Pendidikan Dompet Dhuafa, perwakilan jejaring yang telah ikut dalam kegiatan pelatihan ini tergabung dalam Sekolah Peneliti Pendidikan (SPP) yang diasistensi oleh Tim Riset Makmal Pendidikan dalam melakukan penelitian terkait jejaringnya masing-masing. “Saat ini, progres penelitian jejaring di Divisi Pendidikan sebagian besar sedang membuat instrumen dan melakukan pengambilan data”, ujar Muhammad Sapei, Manager Riset dan Pengembangan Departemen Penelitian dan Pengembangan Dompet Dhuafa. “Oleh karena itu, sebagai langkah untuk memperkaya perbendaharaan dan keilmuan serta mempersiapkan rekan-rekan Divisi Pendidikan dalam tahap penelitian yang akan dilakukan selanjutnya seperti menyelesaikan pembuatan laporan hasil penelitian dan presentasi, perlu diberikan pelatihan terkait Pengolahan dan Analisis data Penelitian”, tambahnya.

Pada pelatihan kali ini para peserta mendapatkan banyak jurus jitu untuk memulai sebuah riset seperti teknik-teknik pengolahan dan analisis data penelitian, meng-coding data, sampai mengolah dan menganalisis data dari hasil kuesioner yang sudah di-coding.  Para peserta juga dituntut untuk melakukan presentasi serta memaparkan data yang sudah mereka olah dan analisis kepada peserta lainnya.

Pelatihan Riset Tahap III ditutup dengan review dan konklusi dari pemateri terkait presentasi peserta dan pelatihan yang telah dilakukan secara umum. “Riset itu mudah, riset itu fun”, tutup Ahsin Alisori, Manager Research and Development Dompet Dhuafa [Akhie].

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.