Pelatihan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) dan Manajemen Kelas

sekolah literasi

Dalam rangka peningkatan kualitas belajar dan mengajar Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa menggelar Pelatihan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) dan Manajemen Kelas. Pelatihan ini mengusung tema besar ‘Optimalisasi Kualitas Sekolah Dengan Literasi’ dilaksanakan serentak di 20 titik sekolah dampingan, diantaranya di MI Raudhatul Athfal Depok.

Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari pada 14-15 Maret 2016 mendatangkan Wildan Hakim dan Abdul Kodir, pelatihan Dompet Dhuafa Pendidikan. Di hari pertama peserta pelatihan mendapatkan materi manajemen kelas. Peserta pelatihan mendapatkan materi bagaimana mengelola kelas yang kondusif dan bagaimana melakukan intervensi pada siswa yang melakukan gangguan dalam kelas. Dengan adanya pelatihan manajemen kelas harapannya guru mampu mengelola kelas dengan baik sehingga tidak terjadi disrupsi.

Di hari kedua  peserta diajak untuk menggali strategi pembelajaran aktif dengan varian model-model pembelajaran. Pelatihan yang didesain dengan metode yang aktif, atraktif dan menyenangkan sehingga peserta seperti tidak sedang mengikuti pelatihan. Di akhir sesi peserta diajak untuk melakukan micro teaching untuk mengasah pengetahuan yang sudah didapat selama dua hari. 20 peserta yang hadir dalam pelatihan ini juga begitu antusias dan semangat walaupun pelatihan selesai pada pukul 15.00 WIB.

“Kami bersyukur mendapatkan program yang sangat bagus ini, mudah-mudahan bisa memberikan dampak positif untuk sekolah,” ujar Kepala MI. Raudhatul Athfal.

Dikesempatan lain, salah seorang guru undangan sangat menyayangkan beberapa rekannya tidak mengikuti pelatihan yang berkualitas ini, semoga di waktu yang lain bisa mengikuti pelatihan Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa.

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.