Pelatihan Metode Pembelajaran Kreatif, Sinergitas KOMED dan Makmal Pendidikan

komed_makmalpendidikan (5)

 

Oleh: Yusuf Budiman.

Bogor – Sebaik-baiknya manusia adalah yang dapat memberikan kemanfaatan bagi manusia lain. Begitulah ungkapan kata mutiara yang sering kita dengar. Ya, hidup akan terasa lebih bermakna ketika bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi sesama. Begitupula yang telah dilakukan oleh Komunitas Guru Media Pembelajaran (KOMED), yang terus mencoba melakukan hal positif seperti rutin dalam memproduksi media pembelajaran agar bisa bermanfaat bagi para pendidik. Tak hanya itu, KOMED juga terus mencoba membuat terobosan atau kegiatan baru dalam bidang pendidikan.

Kali ini KOMED melakukan terobosan baru dengan mengadakan pelatihan Metode Pembelajaran Kreatif di Aula PGRI Kecamatan Parung pada Jumat (30/9). Kegiatan ini diikuti oleh para guru yang mengajar di lingkungan Dinas Pendidikan Kecamatan Parung. Akan tetapi, ada beberapa peserta juga yang berasal dari luar Kecamatan Parung seperti dari Kecamatan Ciseeng, Gunung Sindur, Parung Panjang dan Cileungsi.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala UPTP Kecamatan Parung Bapak Tjetjep yang juga memberikan beberapa kata sambutan. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Ketua PGRI Kecamatan Parung, Bapak Rahwandi. Tak ketinggalan, beberapa patah kata dari perwakilan PSBK Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa, dalam hal ini diwakili oleh Bu Hani Karno.

Barulah pada puncak acara diisi oleh bapak Agung Pardini. Dalam acara inti tersebut sebelumnya ia memberikan beberapa Ice Breaking untuk membuat suasana kegiatan menjadi lebih hangat dan memacu semangat para peserta. Lalu, ia memberikan materi terkait metode pembelajaran kreatif. Seperti metode Role Play, ceramah, eksperimen, demonstrasi, Drill, dan sebagainya.

Tak hanya pemaparan materi, peserta kegiatan ini juga dibuat ke dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan dan mempraktikkan materi yang disampaikan. Serta diselingi dengan permainan agar suasana lebih meriah. Peserta juga dilibatkan dalam praktik di kegiatan tersebut.

Selanjutnya pemateri sesekali memberikan metode yang berkaitan dengan demonstrasi dan eksperimen dengan menggunakan media telur, air serta garam sebagai alatnya. Para peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. Terbukti beberapa dari peserta tampil semangat.

Di sesi terakhir, para panitia memberikan hadiah buku bagi peserta yang berhasil menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh pemateri. Tujuan dari pemberian hadiah buku ini, selain memberikan bahan baca secara cuma-cuma, juga untuk mengetahui seberapa paham peserta pelatihan akan materi kegiatan. Terakhir, ada sesi foto bersama dengan seluruh peserta yang hadir dengan tujuan untuk mengabadikan kegiatan pelatihan.

Akhirnya, puji syukur kepada Sang Maha Kuasa acara pun berakhir dengan lancar dan sukses tanpa kendala apapun. Perlu digaris bawahi bahwa kegiatan atau pelatihan ini bukan hanya sebuah formalitas semata, akan tetapi hasilnya harus dijadikan sebagai bahan pembelajaran ke depan serta harus diaplikasikan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Karena seberapapun banyaknya pemasukan ilmu yang kita dapatkan, akan sia-sia jika tidak diamalkan. Pada akhirnya akan memberikan manfaat seperti yang telah diutarakan di atas sebelumnya. Mudah-mudahan kegiatan yang dilakukan ini dapat benar-benar memberikan manfaat yang berarti bagi seluruh peserta yang hadir.

 

komed_makmalpendidikan (2) komed_makmalpendidikan (1) komed_makmalpendidikan (4) komed_makmalpendidikan (3)

 

Komentar

komentar