Pelatihan Metode Pembelajaran Efektif Bersama KOMED

Bogor – Pada Jum’at (30/09) Komunitas Media Pembelajaran (KOMED) kembali menggelar pelatihan bertajuk “Metode Pembelajaran Kreatif”. Setiap bulannya KOMED rutin mengadakan pelatihan guna meningkatkan kemampuan para anggotanya yang sebagian besar merupakan guru Sekolah Dasar (SD).

Para peserta akan belajar membuat metode pembelajaran yang baik di kelas. Dipandu oleh Nurul Aeni, Creative Pusat Sumber Belajar Komunitas (PSBK) Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa, pelatihan yang diadakan di Aula PGRI ini diharapkan membuat para guru KOMED mampu membuat metode pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan efektif.

“Harus ada relevansi antara media dengan metode pembelajaran, sebagus apapun media pembelajaran yang dibuat jika metodenya tidak tepat maka pembelajaran menjadi kurang efektif,” kata Nurul kepada 30 peserta yang hadir saat itu. Bukan kali pertama KOMED mengadakan pelatihan serupa, namun kebutuhan para anggotanya membuat pelatihan ini kembali diadakan dengan metode terbaru, agar pengimplementasian di lapangan lebih baik lagi.

“Tidak ada satu metode pembelajaran yang sempurna untuk diterapkan di semua mata pelajaran, gur atau fasilitator harus dapat meramu metode pembelajaran sekreatif mungkin sehingga tujuan pembelajaran dapat tecapai,” tambah Nurul.

Secara berkala pelatihan metode pembelajaran akan digulirkan, tujuannya agar para guru KOMED dapat memahami konsep metode pembelajaran kreatif, dapat mengetahui metode–metode pembelajaran kreatif terbaru yang relevan dengan pembelajaran, dan agar dapat memeragakan minimal satu metode pembelajaran yang dibahas untuk diterapkan di kelas.

“Kami sangat berharap dengan adanya pelatihan ini para guru KOMED akan mendapatkan inputan yang baik terkait metode pembelajaran secara langsung, sehingga pembelajaran di kelas akan menjadi lebih efektif dan lebih baik lagi,” tutupnya. (AR)

1 4 3 5

Komunitas Media Pembelajaran (KOMED) ialah program yang dibentuk Pusat Sumber Belajar Komunitas (PSBK) sebagai wadah bagi para guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam membuat media pembelajaran yang berkualitas dan efektif dalam pembelajaran. KOMED berdiri sejak Juni 2014 dengan7 anggota, sekarang sudah berkembang pesat hingga 110 anggota di Whatsapp KOMED JaBar dan 40 anggota KOMED Jabar Banten. Untuk memfasilitasi anggota KOMED dalam produksi media pembelajaran, PSBK memberikan beragam pelatihan agar media pembelajaran yang dibuat oleh para guru KOMED lebih kreatif, efektif dan terukur.

Komentar

komentar