Pelatihan Hari Pertama Bersama Sekolah Literasi Imdonesia (SLI)

IMG-20160803-WA0005

Oleh: Indria Sarifitri
Guru Konsultan Penempatan Banten

Program Sekolah Literasi yang diusung oleh Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa (DD) Pendidikan memasuki triwulan kedua.

Mengawali bulan Agustus, guru konsultan DD Pendidikan penempatan Kab. Serang, Banten menyelenggarakan pelatihan tahap kedua pada Senin 1 Agustus 2016.
Agenda pelatihan hari pertama yakni tentang Manajemen Kelas.

Seperti yang disampaikan oleh Kounin, 1970, yaitu “Perilaku murid bukan hanya ditentukan oleh teknik – teknik penegakan disiplin guru,  tetapi oleh manajemen kelas”. Nah, menjadi seorang guru memang dituntut untuk dapat mengendalikan kelas agar suasana tetap kondusif. Namun ternyata banyak disrupsi yang muncul.
Sehingga sebagai guru harus memiliki sikap withiness dan overlapping. Banyak sekali solusi yang dihasilkan dari diskusi dalam pelatihan hari pertama ini.

Para guru sangat antusias menyimak materi yang disampaikan. Selain teori, para guru diajak pula untuk membuat aturan kelas beserta konskuensi apabila murid mematuhi atau pun ketika melanggar.

Pelatihan hari pertama dibuka oleh Pengawas Pembina UPTD Pendidikan dan Kebudayaan Kec. Cinangka Kab. Serang dan dihadiri oleh 24 guru dan kepala sekolah di Kec. Cinangka.

Sebuah kebahagiaan dan kehormatan bagi kami bisa berbagi pengalaman dengan Bapak/Ibu guru. Acara ditutup pukul 15.00 WIB dengan foto bersama dan pembagian doorprise untuk peserta teraktif.

Komentar

komentar