Pelatihan Alat Peraga di Makasar

Makassar, 22-23 Maret 2014, Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa Bogor dan PT Matahari Department Store telah menggelar event “Pelatihan Alat Peraga”. Pelatihan ini dihadiri oleh 35 guru madrasah se-Kota Makassar dan trainer Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa,Iwan Sahruddin dan Abdul Kodir. Event ini pula diliput oleh koran lokal Makassar “Fajar” dan telah terbit pada hari ahad 23 Maret 2014.

Pelatihan alat peraga yang telah dilaksanakan ini  merupakan salah satu program kerja Pendamping Sekolah Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan, Kartini. Kehadiran program pendampingan di MIS Fatthur Rahman ini merupakan salah satu bukti kepedulian Dompet Dhuafa terhadap pendidikan, utamanya di Kota Makassar. Adapun stakeholder yang hadir memberikan sambutan adalah Store Manager PT Matahari Department Store, Pengawas lingkup madrasah kementerian Agama Kota Makassar, dan Kepala Seksi Madrasah Kementerian Agama Kota Makassar. Beliau menyambut baik event ini kaitannya dengan kualitas pembelajaran guru di kelas.

Sasaran kegiatan ini adalah guru madrasah se-kota Makassar. Jumlah madrasah yang diundang sebanyak 22 dengan mengirimkan perwakilan guru terbaiknya mengingat guru madrasah masih butuh peningkatan pembelajaran di kelas dengan menggunakan alat peraga atau media pembelajaran. Hari pertama, trainer membawakan materi tentang bagaimana berpikir kreatif.  Hari kedua, pembuatan alat peraga dan lomba alat peraga antarmadrasah. Dengan adanya pelatihan ini, guru diharuskan membuat alat peraga dan mengaplikasikan hasil pelatihan ini di sekolah masing-masing dan diutamakan sekolah dampingan Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan.

Tujuan kegiatan ini adalah diharapkan guru bisa membuat alat peraga atau media pembelajaran di kelas. Alat peraga dapat memudahkan guru dalam proses pembelajaran. Dengan terbiasanya guru membuat alat peraga, maka guru akan kreatif dan siswa mudah mencerna materi pembelajaran yang disesuaikan dengan tagline pelatihan “guru kreatif, siswa aktif”.

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.