Para Penjaga Kelas Bersih

Selain belajar, kegiatan siswa kelas 4 SDN 35 Pao-pao setiap hari adalah kebiasaan membersihkan dan mengepel lantai walaupun tidak ada perintah dari gurunya. Bukan hanya pada pagi hari saat pertama datang di sekolah, pada waktu istirahat pun mereka selalu menyapu dan mengepel. Riski Sadewa, Krisbianto, Irmayanti, dan beberapa teman mereka begitu aktif menjaga kebersihan kelas.

Pada saat diadakan perlombaan display tingkat kelas, alhamdulillah kelas 4 yang meraih Juara I. Kemudian diadakan lagi perlombaan kebersihan tingkat kelas, kelas 4 lagi yang mendapat Juara I. Mudah-mudahan siswa kelas 4 selalu membiasakan hidup bersih, baik kebersihan dirinya sendiri maupun kebersihan lingkungan sekolahnya serta lingkungan tempat tinggal mereka.

Membentuk kebiasaan baik, seperti yang ditunjukkan oleh para siswa kelas 4 tersebut, tidaklah mudah. Awalnya harus dilatih dan dibimbing setiap hari. Kami tidak pernah bosan untuk mengajarkan mereka bagaimana cara membersihkan dan merapikan kelas dengan baik. Tentu saja dengan memberikan contoh langsung kepada mereka.

Yang lucu, terkadang saking aktifnya ingin menjaga kebersihan, para siswa kelas 4 tetap menyapu meskipun saat itu ada tamu tengah bertemu gurunya di ruangan belajar mereka. Mungkin karena anak-anak itu begitu menikmati aktivitasnya.

 

Hj. A. Jaizah Said

Guru Sekolah Cerdas Literasi SDN 35 Pao-pao, Mandai, Maros, Sulawesi Selatan

Komentar

komentar