Paikem Membuat Mengajar Semakin Menyenangkan

Oleh : Mohamad Zaid
Guru Kelas SDN 004 Ceruk

Pendidikan merupakan hal dasar menopang kemajuan dan perkembangan suatu negara, sebab dengan pendidikan manusia dapat mengoptimalkan semua potensi dirinya baik itu sebagai pribadi maupun sebagai warga masyarakat. Dalam rangka mewujudkan potensi diri yang sangat beragam, tentunya proses pendidikan menjadi salah satu alat yang sangat signifikan.

PAIKEM merupakan sebuah metode yang dapat digunakan untuk mewujudkan potensi diri yang dimiliki oleh setiap anak, melalui model pendekatan lingkungan dan metode PAIKEM dengan model pendekatan lingkungan juga dapat membuat mengajar semakin menyenangkan terutama bagi siswa dan kita sebagai pendidik (guru). PAIKEM adalah singkatan dari Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Sesungguhnya, pembelajaran itu tidak terbatas pada empat dinding kelas saja namun lingkunan sekitar sekolah bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar dan sarana belajar. Pembelajaran dengan pendekatan lingkungan dapat menghapus dari pada kejenuhan dan dapat menciptakan peserta didik yang cinta lingkungan. Para siswa apabila hanya difokuskan didalam kelas, mereka akan merasa jenuh dan cepat bosan akhirnya ilmu yang diberikan tidak akan masuk secara sempurna ke otak anak.

Sering kita lihat, lingkungan bukan merupakan hal yang populer dalam proses kegiatan belajar mengajar. Kita cenderung melakukan kegiatan belajar mengajar didalam kelas, sehinga anak-anak mudah cepat bosan, jenuh dan akhirnya membuat anak menjadi kurang aktif, padahal itu sangat disayangkan, apalagi bagi sekolah yang mempunyai halaman yang luas sangat disayangkan apabila itu tidak dimanfaatkan sebagai sarana belajar. Pada pelajaran IPA misalnya, pelajaran ini banyak mempelajari hal-hal yang bersifat nyata karena materinya banyak membahas tentang kehidupan baik itu kehidupan manusia, hewan, tumbuhan dan benda-benda lainnya yang ada di lingkungan sekitar kita. Jadi tak salah lagi jika lingkungan dan metode PAIKEM kita jadikan sebagai hal yang baru di dalam membantu proses belajar mengajar. Hal ini sangat bermanfaat, disamping kita bisa mengenal lingkungan lebih dekat, PAIKEM menjadikan proses belajar mengajar lebih menyenangkan. Perlu kita sadari, lingkungan berperan penting dalam mendidik anak, karena lingkungan merupakan tujuan akhir yang akan dituju oleh setiap orang ketika kita sudah tidak lagi berada di bangku sekolah, sehingga manfaat keberhasilan pembelajaran akan terasa saat apa yang diperoleh dari pembelajaran dapat di implementasikan dalam realitas kehidupan. inilah salah satu sisi positif yang melatarbelakangi pembelajaran dengan pendekatan lingkungan.

Komentar

komentar