Nahkoda SDN 05 Saparan: Anak Petani Miskin yang Berprestasi

Oleh: Nurdin Kadir

Pendamping Sekolah Cerdas Literasi SDN 05 Saparan

Penampilannya sederhana, supel dalam bergaul, selalu tampil ceria dan energik. Melaksanakan tugas di wilayah perbatasan dan daerah terpencil baginya adalah ibadah dan perjuangan. Setiap hari, ia berangkat ke tempat tugasnya sejauh 7 km dari rumahnya melintasi hutan, menuruni bukit, melewati jalan berlumpur dan becek bahkan harus melewati rangkaian papan yang licin dan penuh resiko. Meskipun setumpuk pekerjaan dan segudang kesibukkan dihadapinya, ia tetap kelihatan santai tapi serius (sersan). Ia mempunyai cita-cita mulia, anak didiknya menjadi generasi cerdas, terdepan, dan unggul dalam IPTEK dan IMTAQ serta dapat menjadi agen perubahan dalam kehidupan.

Siapakah beliau sebenarnya?

Beliau adalah orang nomor 1 di SDN 05 Saparan, menjabat sebagai Kepala Sekolah SDN 05 Saparan sejak tahun 2004. Namanya cukup beken dalam komunitas guru sekolah dasar se-Kabupaten Bengkayang dan masyarakat di Kecamatan Jagoi Babang dan Seluas. Nama lengkapnya adalah Sarno, M.MPd., kelahiran 07 Juli 1965, anak pertama dari tiga bersaudara. Ayah dan ibunya berdarah Jawa.

Beliau lahir dari keluarga petani miskin dan buta huruf dari pasangan Giman dan Sukini. Ia menikah dengan Sukarni dan dikaruniai seorang putra, yang saat ini sedang kuliah di STKIP Pontianak dan seorang putri yang sedang duduk di bangku Sekolah Menengah Umum (SMU) Seluas.

Riwayat pendidikan yang ditempuhnya berliku-liku dan penuh perjuangan, namun berhasil mengukir prestasi akademik yang gemilang. Sekolah dasarnya ditempuh di SDN Plangkrongan I Poncol Magetan. Selama belajar di SDN ini, ia selalu juara satu dari kelas I sampai kelas VI dan karena prestasinya itu, ia mendapatkan beasiswa dari Dinas P dan K.

Setelah tamat dari SDN Plangkrongan tahun 1977, ia melanjutkan studinya di SMPN I Plaosan Magetan dan dilanjutkan di SPG Swadarma Nasional Magetan. Prestasi belajarnya pun di kedua sekolah ini sangat memuaskan. Ia berhasil mendapatkan beasiswa murid berprestasi karena selalu juara I.

Tahun 1998-2002, ia tercatat sebagai mahasiswa aktif program D2 PGSD Universitas Terbuka (UT) Pokjar Seluas, kabupaten Bengkayang. Kemudian, di universitas yang sama, ia menempuh program S1 PGSD, tahun 2002-2005 dan pada tahun 2011 ini, ia berhasil merampungkan studi S2 nya, jurusan Konsentrasi Manajemen Pendidikan di STIE Indonesia Malang, Jatim.

Kegiatan sehari-harinya di samping sebagai kepala sekolah SDN 05 Saparan, beliau juga sebagai tutor tetap di Universitas Terbuka (UT), Pokjar Kec. Seluas, Kab. Bengkayang. Beliau juga aktif dibeberapa organisasi, diantaranya adalah Pengurus PGRI Kab. Bengkayang, Sekretaris Kwaran Kec. Jagoi Babang, Ketua Gugus II Alianyang, Ketua Komunikasi Guru Sertifikasi UPT Seluas, Bendahara KUD Mukti Tama Desa Kumba, Bendahara Kelompok Tani Manunggal Abadi dan Koordinator Kesenian Kuda Lumping Paguyuban Budi Binangun Kec. Seluas, Kec. Jagoi Babang dan Kec. Siding.

Adapun riwayat pengalaman kerjanya adalah sebagai berikut: guru honor (1992-1995), guru kelas di SDN 25 Saparan (1995-2000), guru kelas di SDN 17 Saparan (2000-2004), Kepala SDN 05 Saparan (2004-sekarang). Dan pada tahun 2004 yang lalu, beliau tercatat sebagai guru berprestasi di kabupaten Bengkayang.

Komentar

komentar