MIS Al-Hidayah Medan Selayang Gelar Kegiatan Mabid

Oleh: Yuni Marsela, Kawan SLI Medan, Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa

Medan-Untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah swt. Madrasah Ibtidaiyah (MI) Swasta Al-Hidayah gelar kegiatan Malam Ibadah (Mabid) di Musholla Sekolahnya, yang beralamat di Jln. Bunga Teratai No.52, Kec. Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara. Jum’at (24/03/2017)

Acara pembukaan kegiatan Malam Ibadah (Mabid) ini dihadiri oleh Imron Safi’i, Ketua Yayasan Al-Hidayah beserta wakilnya; Sabroh, Kepala MDTA; Sri Ningsih Pardosi, Kepala Sekolah MIS beserta guru-gurunya. Febri dan Yuni, Konsultan Relawan (KAWAN) Sekolah Literasi Indonesia (SLI) Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa juga ikut meramaikan kegiatan Mabid.

IMG-20170327-WA0021

Mabid merupakan program rutin MIS Al-Hidayah yang diadakan setiap 1 kali dalam setahun. “Ini adalah Mabid yang ke-2 kalinya kami lakukan, jadi persiapannyapun hanya dalam seminggu kemarin.” Jelas Nanda Risanti selaku Ketua Panitia Mabid.

Mabid berlangsung mulai Jumat malam pukul 20.00 WIB hingga esok hari Sabtu pukul 09.30 WIB.
Mabid diikuti oleh murid kelas IV, V , VI MIS Al-Hidayah serta beberapa orang murid Madrasah Diniyah Taklimiyah Awaliyah (MDTA) Al-Hidayah. Meskipun hujan turun begitu deras sejk pagi, namun tak menyurutkan niat murid-murid berangkat ke sekolah untuk menghadiri kegiatan Mabid. Padahal mereka sudah dilarang oleh orangtuanya untuk tidak pergi. Namun, mereka tetap memaksa untuk mengantarkan mereka ke sekolah dengan menggunakan payung.

IMG-20170327-WA0022

Hal yang tak terduga mengenai peserta, perkiraan guru-guru peserta yang hadir hanya sedikit. Ternyata di luar dugaan, jumlah peserta Mabid pada hari ini lebih kurang 57 orang, yakni 45 orang murid MIS Al-Hidayah dan 12 orang murid MDTA.

“Setelah Mabid dilakukan semoga kita semua dapat meningkatkan ibadah kita kepada Allah SWT, khususnya ibadah wajib yakni sholat lima waktu.Terutama guru-guru MIS Al-Hidayah sebagai teladan bagi murid-murid kita,” ujar Sri Ningsih.

IMG-20170327-WA0020

Adapun sumber dana untuk acara ini berasal dari infak Jum’at yang dikumpulkan oleh murid-murid serta guru-guru MIS Al-Hidayah setiap minggunya. Sehingga kegiatan Mabidnya, tidak lagi memungut dana dari murid-murid.
“Dana yang dihabiskan kira-kira lebih kurang Rp 1 Juta untuk 2 hari semalam. Peserta Mabid juga diberikan snack serta sarapan pagi. Tak lupa jua dengan materi-materi yang menarik tentunya,”cerita Nanda Risanti ketika ditemui oleh KAWAN SLI di ruang Kantor Kepala Sekolah.

IMG-20170327-WA0023

Pemateri Mabid merupakan guru-guru MIS Al-Hidayah Medan Selayang. Murid-murid sangat senang dan semangat mengikuti setiap rangkaian kegiatan yang sudah disusun oleh panitia. Hal itu terlihat ketika Ummi Siti Hidayati akan bercerita tentang kisah Nabi Ibrahim AS, yang dimoderatori oleh Yuli selaku Wali Kelas VI.
Yuli mengajak murid-murid untuk “Tepuk Wakwaw dan Tepuk Semangat”.

Komentar

komentar