MI Fathussa’adah Bogor Mengusung Keunggulan Sekolah Karakter Berbasis Tahfidz

Di tengah persaingan sekolah-sekolah saat ini dalam meyakinkan masyarakat dengan keunggulannya masing-masing, mulai dari keunggulan bahasa Asing, IT dan sains atau keunggulan di ekstra kurikulernya. Madrasah Ibtidaiyah memilih keunggulan sekolah karakter dengan basis tahfidz (Al-Qur’an). “Pilihan ini bukan tanpa tujuan, seperti kita ketahui moral anak bangsa saat ini makin tergerus dengan perkembangan zaman sehingga kami istiqomah dengan keunggulan yang akan kami mulai ini,” ungkap Nurcholis, Kepala MI Fathussa’adah, Bogor.

Munculnya keunggulan sekolah karakter berbasis tahfidz ini diawali dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan pada 23 Maret 2016. Mengingat saat ini MI Fathussa’adah merupakan sekolah dampingan Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa yang sudah memasuki tahun kedua, sehingga sekolah dampingan harus mempunyai branding yang dikenali masyarakat sekitar dan menjadi keunggulan sekolah tersebut.

Acara FGD keunggulan sekolah ini bertempat di MI Fathussa’adah Kabupaten Bogor ini dihadiri oleh kepala sekolah dan guru MI Fathussa’adah dan didampingi oleh Zayd Sayfullah sebagai fasilitator dari Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa. Sebelum memunculkan keunggulan sekolah para guru diajak untuk membedah visi misi sekolah apakah masih sesuai atau sudah tidak relevan dengan cita-cita sekolah, setelah peserta diajak untuk membedah visi misi sekolah lalu bersama-sama menganalisa potensi sekolah dengan menggunakan analisis SWOT. Dalam diskusi ini hasil yang disepakati oleh peserta FGD adalah sekolah karakter berbasis tahfidz. Harapannya dengan keunggulan sekolah yang akan dicapai ini dapat mencetak generasi qurani yang dapat merubah wajah pendidikan Indonesia.

Ini menjadi awal bagi MI Fahussa’adah untuk merancang desain kurikulum keunggulan sekolah yang dapat dilaksanakan secara komprehensif karena siswa setelah lulus tidak hanya hafal juz 30 namun juga nilai-nilai yang terdapat dari hafalan tersebut terinternalisasi diperilaku mereka.  Sehingga ini menjadi tugas mulia yang harus dipikul oleh segenap guru MI Fathussa’adah. Diharapakan dengan adanya program keunggulan ini akan lahir generasi berkarakter, cerdas dan  berakhlakul karimah dan dapat membawa Indonesia menjadi lebih baik. (odi)

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.