Merekam Kelas dalam Bingkai Kamera

Guru adalah salah satu profesi yang memiliki peluang banyak dalam merekam jejak sejarah manusia, dalam hal ini adalah siswa-siswinya. Banyak kisah yang terjadi di dalam kelas di mana guru adalah saksinya. Namun cerita yang silih berganti, tidak akan dikenang sebagai apa-apa jika tidak dibingkai dalam tulisan atau foto yang mengabadikannya, hanya menjadi sebuah kesan dalam ingatan masing–masing warga kelas yang terlibat. Pilihannya ada dua, menulis atau memotret. Menulis sudah tentu menjadi sebuah keharusan bagi guru, terutama ketika ada tuntutan membuat PTK (Penelitian Tindakan Kelas), namun memotret sangat jarang diprioritaskan kecuali karena alasan dokumentasi.

Tidak hanya soal saksi sejarah saja, guru merupakan manusia penuh kesempatan dalam berkreasi dan berinovasi membuat beragam metode, strategi dan media pembelajaran. Namun sayangnya, mengabadikan karya melalui foto masih terpinggirkan dikalangan guru dan tak menjadi prioritas utama. Karena hal inilah Pusat Sumber Belajar mengajak para guru di Komunitas Media Pembelajaran (KOMED) berkumpul di gedung Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan dalam rangka mempelajari pentingnya merekam cerita dan karya pada bingkai foto. Pada Kamis (31/03) para guru berkumpul untuk belajar sekaligus praktik mengambil foto yang bagus dan berkualitas dengan menggunakan alat smartphone.

“Foto bukan hanya sebuah dokumentasi, tetapi ia bicara sebuah kisah dan sejarah” ujar Andi Angger Sutawijaya, trainer pada pelatihan kala itu. Andi Angger sudah malang melintang di dunia fotografi dan ingin berbagi pengalamannya pada guru–guru terkait dunia fotografi. Dengan mengajarkan teknik serta praktik langsung pelatihan ini berlangsung seru.  Untuk memotret  karya atau aktivitas kelas harus ada pengkondisian dan metode–metode fotografi  guna menghasilkan foto yang berkualitas.  Teknik tersebut dinamakan Entire Detail  Frame Angel Time atau disingkat EDFAT, merupakan metode yang diperkenalkan Walter Cronkite School of Journalism and Telecommunication Arizona State University sebagai salah metode pemotretan untuk melatih cara pandang melihat sesuatu dengan detil yang tajam.

Metode EDFAT diuraikan ke dalam beberapa teknik di antaranya: Entire,  Detail, Frame,  Angel dan Time. Teknik Entire adalah  bagaimana kita mengambil gambar secara menyeluruh tatkala melihat sebuah peristiwa. Detail artinya mengambil gambar yang paling inti, mungkin kalau dalam paragraf dinamakan kalimat inti, di mana satu gambar dapat menjabarkan keseluruhan peristiwa. Frame  adalah teknik mengambil gambar dengan menghadirkan sebuah frame untuk  menghasilkan gambar yang akurat dan fokus, metode frame sangat cocok digunakan dalam mengambil karya media pembelajaran yang dihasilkan oleh guru–guru. Angel adalah teknik mengambil gambar dari sudut pandang yang diinginkan, misal dari atas-bawah atau kiri – kanan. Sedangkan Time adalah pengaturan waktu dalam mengambil gambar, hal ini sangat penting karena terkait ketersediaan cahaya ketika mengambil gambar.

Tidak hanya bicara teori fotografi saja, pelatihan ini diwarnai dengan banyak aktivitas dan praktik mengambil gambar, utamanya mengambil foto media pembelajaran.  Dalam mengambil foto media, guru tidak boleh asal ambil foto, melainkan harus mencoba teknik EDFAT tadi dengan tujuan mengambil satu foto media pembelajaran namun dapat menjelaskan secara keseluruhan apa yang ingin disampaikan sehingga viewer (orang yang melihat foto) tahu media pembelajaran itu untuk apa dan bagaimana cara menggunakannya. Pelatihan kali ini membuat peserta sangat antusias dan penasaran ingin segera mencoba praktik di kelas, bagaimana tidak? Umumnya orang sangat suka wajahnya berhadapan kamera, apalagi jika sudah tahu trik menghasilkan foto yang bagus hanya menggunakan smartphone. Sebuah cerita dan karya akan dibingkai dengan lebih mudah jika sudah mengetahui triknya.

‘Amati kehidupan bergerak seperti sungai disekitarmu, dan sadari bahwa fotomu bisa menjadi bagian dari sejarah kolektif’ -Eli Reed

IMG_1072 IMG_1053 IMG_1033 IMG-20160331-WA0024 IMG-20160331-WA0021 IMG-20160331-WA0010 IMG-20160331-WA0007 IMG-20160201-WA0028

 

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.