Menyemai Sekolah Bintang untuk Negeri

sekolahbintang1

Jum’at, 28 Agustus 2015, Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa mengadakan pelatihan di SDN Sawangan 01 Depok dengan tema menyemai sekolah bintang untuk negeri, pelatihan yang digelar selama dua hari (28-29 Agustus 2015) menyajikan materi School Strategic Discussion (SSD) dan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM).

Program pelatihan ini merupakan lanjutan dari program renovasi dan pendampingan sekolah kerjasama dengan Hypermart, Foodmart dan Boston  Selama dua hari guru SDN Sawangan 01 dipandu oleh tim Trainer Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa

“Tujuan dilakukan pelatihan ini adalah upaya Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar yang bertujuan akhir pada peningkatan prestasi siswa”  ungkap Abdul Kodir selaku Koordinator Pengembangan Sekolah Urban Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa.

Di hari pertama di sesi School Strategic Discussion peserta mendapatkan motivasi tentang pentingnya profesi guru dan tanggung jawab guru dalam memberikan perubahan untuk bangsa ini melalui kelas ajar masing-masing. Di hari kedua peserta pelatihan mendapatkan materi tentang bagaimana menerapkan pembelajaran aktif dan menyenangkan yang dikemas dalam materi strategi pembelajaran aktif.

sekolahbintang2

“Saya merasa senang berada dipelatihan ini dan menyerap banyak informasi yang bisa saya terapkan di dalam kelas” ungkap Bapak Syafruddin guru SDN Sawangan 01 Depok. Lain dengan Pak Syafrudin, Bu Nenden merasa pelatihan ini tidak hanya mendapatkan ilmu saja tapi juga diselingi dengan permainan-permainan yang bikin menyenangkan.

Selain di SDN Sawangan 01 Sawangan Depok, pelatihan serupa juga sudah terlaksana di 7 kota lainnya yaitu Bogor, Tangerang, Bekasi, Cianjur, Pontianak, Pekanbaru dan Batam. Setelah mendapatkan pelatihan tersebut guru juga mendapatkan bimbingan untuk menerapkan hasil pelatihan di kelas-kelas selama program berlangsung yaitu selama enam bulan. Harapannya dengan program pendampingan ini, ada perubahan yang baik di setiap kelas ajar sekolah dampingan yang akan berdampak baik untuk perubahan kualitas pendidikan di Indonesia. (odi)

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.