Menuntaskan Kelulusan

lulus

Oleh: Dewanati

Guru Sekolah Cerdas Literasi SDN 40 Pangkalpinang (Bangka Belitung)

Ulangan semester II atau Ujian Kenaikan Kelas dimulai pada 2 Juni 2014.

Ini merupakan saat yang mendebarkan bagi saya karena saya sangat berharap nilai siswa kelas 5 seluruhnya bagus.

Sudah berbagai usaha saya lakukan agar nilai mereka semua bagus, dan mereka pun bisa naik kelas. Dua minggu sebelum ulangan, saya sudah mempersiapkan para siswa dengan berlatih mengerjakan soal-soal yang saya buat.

Harapan boleh tinggi, yang sayang hasilnya belum sesuai kenyataan. Ternyata masih ada lima orang siswa saya yang nilainya di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Ya Allah, mengapa rencana yang sudah saya susun dengan baik tidak mencapai tujuan?

Syarat untuk naik kelas adalah nilai siswa tidak boleh kurang dari KKM. Bagai-mana cara menyelesaikannya? Ya, dengan remedial. Akhirnya mereka melaksana-kan remedial untuk memperbaiki nilai yang kurang.

Untuk menuntaskan mata pelajaran Matematika, saya menugasi mereka seca-ra individu membuat bangun kubus dengan menggunakan kertas manila. Mereka diminta menghitung jumlah sisi dan rusuk kubus tersebut.

Untuk pelajaran Bahasa Indonesia, mereka ditugasi untuk membuat puisi se-cara mandiri. Khusus tugas membuat puisi ini saya menyuruh seluruh siswa kelas 5 membuatnya. Sengaja saya melakukannya untuk membangkitkan kecerdasan literasi mereka, seperti slogan Sekolah Cerdas Literasi yang tiga tahun ini disandang SDN 40 Pangkalpinang lewat dukungan Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa.

Adapun untuk pelajaran IPA, mereka saya minta untuk membuat gambar tentang daur air. Dan untuk pelajaran IPS mereka ditugasi membuat gambar peta Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Alhamdulillah, akhirnya nilai mereka memenuhi KKM setelah ditambah dengan nilai-nilai tugas mereka. Pada 21 Juni 2014 hari pembagian rapor. Sebuah tugas selesai saya jalankan. Dan tugas baru telah menanti, yakni mendampingi siswa-siswa yang naik kelas 5.

Komentar

komentar