Meningkatkan Mutu Sekolah dengan Program Sahabat Sekolah

IMG-20161023-WA0005

Peningkatkan partisipasi masyarakat untuk meningkatan mutu SMA perlu terus digalakkan. Untuk itu pada Kamis (20/10/2016) Direktorat Pembinaan SMA mensosialisasikan Program Sahabat Sekolah. Salah satu pihak yang hadir dalam sosialisasi program tersebut adalah Makmal Pendidikan-Dompet Dhuafa.

Program Sahabat Sekolah merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam wadah kerjasama antara sekolah dan sahabat sekolah. Sahabat sekolah merupakan pihak  yang terdiri dari individu (perorangan), Masyarakat Peduli Pendidikan (oganisasi profesi yang bergerak di bidang pendidikan), Lembaga Swadaya Masyarakat dan dunia usaha/industri.

Fokus kerjasama pada program peningkatan mutu sekolah berlandaskan prinsip saling membutuhkan, memercayai, memerkuat, dan menguntungkan melalui pelibatan seluruh pihak yang memiliki komitmen terhadap pembangunan pendidikan di Indonesia.

Ruang lingkup kerjasama meliputi program fisik dan non fisik. Program fisik terdiri dari pembangunan Unit Sekolah Baru (USB), pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) atau ruang penunjang lainnya, pembangunan tempat ibadah, pembangunan jamban, pembangunan UKS, pembangunan kantin sekolah, dan pengadaan peralatan TIK.

Adapun program non fisik meliputi literasi sekolah, pendidikan karakter, pendidikan kewirausahaan, pengembangan sekolah sehat, pengembangan kompetensi guru dan tenaga kependidikan, beasiswa, dan kegiatan lainnya yang relevan dengan pendidikan.

Sebagai lembaga yang berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan, Makmal Pendidikan menyambut positif tawaran kerjasama dari Direktorat Pembinaan SMA tersebut. Selama ini, Makmal Pendidikan secara tidak langsung sudah menjalankan ide Sahabat Sekolah melalui program Pendampingan Sekolah.

Makmal Pendidikan pada 2016 ini melalui program Sekolah Literasi Indonesia (SLI) sedang mendampingi 18 sekolah yang tersebar dibeberapa wilayah. Delapan belas sekolah juga akan didampingi pada 2017 mendatang. (AEM)

Komentar

komentar