Mengukur Kebermanfaatan Penelitian Kaji Dampak, Makmal Pendidikan Helat Diskusi KOPI PENA

Makmalian pada Rabu (16/06), Research and Development (RnD) Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa melangsungkan acara diskusi KOPI PENA bertajuk “Penelitian Kaji Dampak: Upaya Mengukur Kebermanfaatan”. Acara diskusi KOPI PENA tersebut sekaligus membuka kegiatan KOPI PENA di tahun 2021.

KOPI PENA atau biasa Komunitas Peneliti Pendidikan Indonesia merupakan wadah bagi mereka yang memiliki ketertarikan di dunia riset dan pendidikan. Acara ini diselenggarakan melalui Zoom Meeting dan dihadiri 22 orang peserta.

Eko Sriyanto, narasumber KOPI PENA kali ini, memaparkan bahwa penelitian kaji dampak tidak bisa dilepaskan dari perencanaan dan desain program tersebut. “Penelitian kaji dampak akan sangat luas pembahasannya ketika kita tidak memiliki indikator dari dampak yang akan kita ukur. Maka, penting untuk sedari awal kita memiliki gambaran tujuan yang jelas program beserta dampak yang diharapkan,” terangnya. Eko, yang berpengalaman menjadi konsultan di beberapa proyek sosial NGO (Non Goverment Organization), saat ini menjabat sebagai Manager di Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa. Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa merupakan departemen di bawah naungan Lembaga Pengembangan Insani Dompet Dhuafa Pendidikan yang berfokus pada pengembangan manusia dalam sektor pendidikan.

Setelah sesi materi, peserta antusias mengetahui lebih lanjut mengenai proses penelitian kaji dampak. Beberapa kali peserta melontarkan pertanyaan sebagai bahan diskusi yang berkaitan dengan permasalahan di organisasinya. “Bagaimana jika kita sudah memiliki perencanaan, namun di tengah jalan harus ada perubahan-perubahan yang dilakukan?” tanya seorang peserta. Eko menjelaskan bahwa dinamika dalam suatu organisasi merupakan keniscayaan. Perubahan masih bisa ditoleransi selama tidak mengubah tujuan besar program. Di akhir diskusi, Eko menegaskan bahwa kegagalan dalam merencanakan sama merencanakan kegagalan, “If you fail to plan, you plan to fail”.

Harapannya, diskusi KOPI PENA dapat menjadi ladang kolaborasi antara Makmal Pendidikan dan komunitas lain yang memiliki perhatian di dunia pendidikan. Kegiatan KOPI PENA akan rutin diselenggarakan setiap dua pekan sekali. Bentuk kegiatan bisa berupa diskusi, seminar, talkshow, dan sebagainya. Untuk bergabung menjadi anggota KOPI PENA bisa melalui pranala berikut bit.ly/daftarkopipena

Komentar

komentar