Mengubah Wajah Pendidikan Melalui Advokasi di Pelatihan Advokasi Bersama Litbang Pengetahuan Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa

Sejak pukul 07.30 pagi terlihat kesibukan yang luar biasa di Aula Smart Bumi Pengembangan Insani Dompet Dhuafa, wara wiri sana sini tak kenal henti. Setelah diselidiki ternyata pagi itu ada Pelatihan Advokasi.

Ini merupakan kali keempat tim Riset dan Advokasi Departemen Litbang Pengetahuan Makmal Pendidikan menggelar pelatihan serupa. Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu (03/12) pukul 08.00 pagi tersebut mengangkat tema “Mengubah Wajah Pendidikan Melalui Advokasi”. Pelatihan kali ini diisi oleh Arif dari IMZ dan diikuti oleh sekitar 30 peserta dari berbagai jejaring di Divisi Pendidikan Dompet Dhuafa. Tujuan diadakannya kegiatan ini yakni untuk memberikan pengantar mengenai advokasi, memberikan pemahaman mengenai pentingnya advokasi, mengetahui tahapan-tahapan melakukan advokasi, dan memberikan gambaran mengenai advokasi.

“Advokasi sendiri merupakan aktivitas yang penting guna mengawal dan mengontrol kebijakan pemerintah khususnya yang berkaitan dengan khalayak umum. Advokasi tentu saja tidak dapat dilepaskan dari riset. Pemanfaatan data hasil riset sangat mendukung baik dalam merumuskan masalah, menentukan strategi, maupun sasaran dari kegiatan advokasi yang akan dilakukan. Hasil riset juga dapat mendukung kegiatan advokasi dalam menawarkan solusi alternatif dibidang pendidikan bagi pemerintah,” papar Arif.

Beragam materi, diskusi, dan simulasi seputar advokasi disampaikan dengan cara berbeda oleh trainer sehingga selama pelatihan para peserta tidak bosan. Para peserta pun terlihat sangat antusias mengikuti jalannya pelatihan. “Dari pelatihan ini diharapkan para peserta dapat memahami pentingnya advokasi dan dapat memanfaatkan hasil riset yang telah dilakukan sebagai pendukung dari kegiatan advokasi yang akan dilakukan,” Ujar Syafi’ie el-Bantanie, Manajer Litbang Pengetahuan Makmal Pendidikan, menutup acara.

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.