Memupuk Literasi Bersama de Literasi di MI Muhammadiyah 2 Bandung

IMG-20161022-WA0001

Olimpiade Literasi Nasional (de literasi) adalah olimpiade yang diadakan oleh Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa dalam hal literasi yang diadakan secara serentak dan dalam skala nasional untuk seluruh Jaringan Sekolah Literasi Indonesia (19 Sekolah pendampinagan dan inisiasi serta 11 sekolah jaringan #SERASInetwork) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Olimpiade ini unik, karena bukan sekadar lomba, akan tetapi juga akselerasi peningkatan minat dan kemampuan literasi peserta dengan adanya training membaca cepat dan membaca pemahaman. Keunikan lainnya adalah, olimpiade ini merekam kriteria kemenangan dengan cara alami. Hal ini dikarenakan olimpiade menggunakan pendekatan penilaian tersembunyi dan mengoptimalkan fasilitas literasi dan budaya yang memang betul-betul apa adanya.

De literasi kali ini dilakukan di sekolah MI Muhammadiyah 2 Bandung. Peserta yang mengikuti adalah seluruh siswa dan siswi sekolah. Olimpiade yang dilakukan ada 3 jenis perlombaan. Yang pertama lomba minat dan baca, lomba membaca cepat dan membaca pemahaman. Untuk minat dan baca diikuti oleh seluruh siswa namun untuk membaca cepat dan membaca pemahaman hanya untuk kelas 4 sampai dengan kelas 6.

Peserta yang mengikuti lomba membaca cepat dan membaca pemahaman ini akan mendapatkan fasiltas lebih, mereka mendapatkan bonus pelatihan membaca cepat dan pemahaman. Siswa siswi MI Muhammadiyah 2 Bandung ini sudah mampu membaca 300 kata dalam 2 menit pada tahap satu (tahap sebelum mendapatkan pelatihan) namun setelah mengikuti pelatihan kemampuan membaca cepat mereka meningkat sangat pesat. Mereka bisa membaca 400 kata lebih dalam dua menit.

Minat baca anak di MI Muhammadiyah 2 Bandung ini sangat luar biasa. Mereka sangat semangat untuk membaca danterus mencari ilmu. Bukan hanya siswa-siswi saja yang rajin membaca, ternyata guru-gurunya pun semangat dan rajin membaca.

IMG-20161022-WA0002

De literasi ini bukan hanya sekedar lomba mencari pemenang saja, akan tetapi memiliki beberapa tujuan yang terselip di dalamnya. Beberapa tujuan dari diadakannya de literasi ini adalah, menumbuhkan budaya literasi masyarakat sekolah, meng-akselerasi peningkatan kemampuan membaca anak-anak Indonesia.

Dengan adanya de literasi kita bisa mengetahui kemampuan dan minat baca peserta didik di seluruh sekolah dampingan.

IMG-20161022-WA0000

Komentar

komentar