Melepas Sekolah Hijau Kamojang

KAMOJANG-Selasa lalu (03/09) menjadi momen bersejarah bagi SDN Kamojang, Bandung. Pasalnya, pada hari itu dilakukan seremonial Pelepasan Program Pendampingan Sekolah Berwawasan Lingkungan. Program tersebut selama satu tahun terakhir intens dilakukan Makmal Pendidikan di SDN Kamojang.

Seremonial tersebut berlangsung sejak pagi hingga siang hari. Selain warga sekolah, hadir pula para pejabat daerah seperti Camat Kecamatan Ibun, Kepala UPTD Kecamatan  Ibun, dan  Pengawas TK/SD. Hadir pula Perwakilan Direksi PT. Pertamina Geothermal Energy selaku donatur, tak lupa Direktur Daya Dinamika Corpora dan Direktur Makmal Pendidikan selaku fasilitator program.

Selain simbolisasi pelepasan program, pada acara ini juga dilakukan peluncuran buku “Hijau Hebring di Kamojang”. Buku tersebut secara simbolis diserahkan oleh Camat Ibun kepada perwakilan PT. Pertamina Geothermal Energy.

Pembuatan buku tersebut diprakarsai oleh Makmal Pendidikan, sedangkan isinya ditulis oleh Pendamping Sekolah Makmal dan para guru di SDN Kamojang. Secara spesifik para guru menulis tentang pengalaman semasa menjalani program pendampingan sekolah, dan tentang usaha apa saja yang sudah dilakukan untuk menciptakan sekolah SDN Kamojang yang berwawasan lingkungan atau green school.

Acara tersebut juga menampilkan beberapa performance dari siswa dan siswi SDN Kamojang. Ada yang menggubah lagu Tegar Aku Yang Dulu Bukan Aku Yang Sekarang menjadi lagu bertemakan lingkungan, ada juga yang membaca puisi tentang bagaimana kita menjaga lingkungan. Menggubah lagu dan membuat puisi itu juga merupakan bagian dari lomba yang diadakan oleh Sekolah. Pengumuman para pemenang lomba menjadi pungkasan seremonial.

Setelah menutup seremonial, para tamu undangan melakukan touring berkeliling sekolah SDN Kamojang yang dipandu oleh Pendamping Sekolah dan salah satu guru yang menjelaskan tentang hal-hal yang telah dilakukan selama pendampingan, misalnya tanaman obat apa saja yang sudah ditanam dan membuahkan hasil yang bermanfaat.

Program Pendampingan Sekolah Berwawasan Lingkungan di SDN Kamojang sendiri dimulai pada 27 September 2012. “Sekolah Berwawasan Lingkungan merupakan sekolah yang memanfaatkan dan menata lahan sekolah menjadi laboratorium alam (baik untuk menanam tanaman obat-obatan maupun pendukung pembelajaran), melakukan ajakan hemat energi dan air, mendaur ulang sampah melalui proses 3R (reduce, reuse, dan recycle), serta mengelola lingkungan sosial dalam bentuk pembiasaan perilaku-perilaku nyata yang positif di antaranya kedisiplinan, kerja sama, kepedulian, kejujuran, dan menghargai kearifan lokal”, demikian cerita Zayd Sayfullah, Koordinator Pendampingan Sekolah Makmal Pendidikan, tentang Pendampingan Sekolah Berwawasan Lingkungan yang digawanginya.

Demikianlah, Sekolah Hijau di Kamojang telah resmi dilepas. Semoga menjadi sebuah investasi kebaikan untuk bumi pertiwi. Dan kini, Makmal bersama Pertamina Geothermal Energy bersiap mendirikan Sekolah Berwawasan Lingkungan di sekolah lain. [Rini]
   
Selengkapnya tentang program Sekolah Berwawasan Lingkungan dapat disimak pada tulisan Zayd Sayfullah “Persepsi Siswa, dan Kehadiran Sekolah Berwawasan Lingkungan”.

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.