Mari Kita Jaga Hutan Bersama

Waktu berjalan-jalan ke Samarinda, aku melihat beberapa orang yang lagi menebang pohon di hutan. Mereka menebang pohon untuk diperjualbelikan dan mereka akan mendapat untung. Mereka itu sebenarnya tahu kalau menebang pohon sembarangan itu perbuatan yang merugikan banyak orang. Contohnya hutan jadi gundul, tanah bisa longsor, dan kalau hujan lebat pasti akan banjir.

Aku sangat geram melihat perbuatan mereka. Padahal, kita harus melestarikan hutan Indonesia agar tidak ditebang lagi.

Aku sebenarnya merasa kasihan melihat orang-orang itu. Mereka bekerja sebagai penebang pohon di hutan mungkin karena tidak ada pilihan pekerjaan lagi. Mereka terpaksa menebangi hutan dengan melupakan dampaknya bagi orang lain. Kasihan, demi anak dan istrinya, mereka harus melakukan pekerjaan yang tidak baik. Mudah-mudahan mereka mendapatkan pekerjaan yang lebih halal. Dan mudah-mudahan ada usaha penghijauan oleh mereka atau orang lain.

Inilah ceritaku, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua, agar kita tidak menebang pohon di hutan secara sembarangan. Bukankah lebih baik kita lestarikan saja hutan kita agar kekayaan alamnya bertambah banyak lagi?

Dioni Sius
Siswa Kelas 5 Sekolah Cerdas Literasi SDN 003 Sangatta Utara, Kutai Timur, Kalimantan Timur

 

Komentar

komentar