Mari Bercocok Tanam Bersama Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa

Pada Jumat (17/10), Ruang Audio Visual Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa disesaki siswa-siswi PAUD Bumi Pengembangan Insani (BPI) Parung, Bogor. Para siswa-siswi  terlihat bahagia karena akan mengikuti Workshop Bercocok Tanam: Menanam Itu Mudah dan Menyenangkan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengertian; pemahaman dan pengalaman kepada anak-anak  tentang betapa mudah; penting dan menyenangkannya bercocok tanam, juga untuk memantapkan visi Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa sebagai pusat sumber belajar yang mumpuni dan mampu memberikan kontribusi lebih kepada masyarakat.

“Kegiatannya telah berlangsung sejak September lalu dan rutin kami lakukan setiap dua pekan sekali tiap Jumat. Beragam tema kami tawarkan mulai dari transportasi, mengenal perpustakaan, dan masih banyak lagi”, ujar Siska Distiana, Supervisor Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa. “Dan kali ini kami mengusung tema Bercocok Tanam: Menanam Itu Mudah dan Menyenangkan”, tambahnya.

Pagi itu para siswa-siswi PAUD BPI dikumpulkan di Ruang Audio Visual guna mendapatkan materi pengetahuan bercocok tanam yang disampaikan oleh Heni Jaladara dari Agroedu Tourism Jampang, Parung, Bogor. Setelah pemberian materi selesai, para siswa-siswi diarahkan menuju Zona Cocok Tanam PSB. Zona Cocok Tanam merupakan salah satu zona yang dicanangkan Pusat Sumber Belajar untuk memfasilitasi masyarakat mempelajari metode bercocok tanam. Zona ini dapat dimanfaatkan dan diakses oleh sekolah dan masyarakat untuk pembelajaran tentang pertanian dan budaya tanaman. Untuk memaksimalkan akses Zona Cocok Tanam maka PSB konsisten mengadakan pelatihan setiap satu bulan sekali, dengan tema dan sasaran kegiatan yang berbeda setiap bulan.

Para siswa-siswi PAUD BPI sangat antusias dan sangat menikmati kegiatan bercocok tanam, bahkan teriknya matahari tak menyurutkan semangat mereka. Gelak tawa para siswa-siswi PAUD BPI membuat suasana kegiatan ini kian semarak. “Adik-adik, kita harus menjaga kelestarian alam, salah satunya dengan menanam tumbuh-tumbuhan disekitar kita. Kalian bisa menanam jenis tumbuh-tumbuhan apapun termasuk sayur mayur lho.”, ucap Heni Jaladara riang. “Kalau sayur mayur yang kalian tanam tumbuh baik serta subur, kalian bisa memanennya, nanti kalian bisa minta tolong bunda di rumah untuk memasaknya. Selain menjaga kelestarian alam, kalian juga bisa menikmati makanan sehat hasil kebun sendiri”, tutupnya.

Sampai berjumpa di kegiatan Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa lainnya [Akhie].

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.