Makmalian Pilih Makanan Sehat Untuk Berbuka yuk

Saat Ramadan tubuh kita melakukan penyesuaian luar biasa, sebab itulah saat berbuka puasa tubuh memerlukan makanan dan minuman bergizi untuk menggantikan cairan dan nutrisi yang hilang. Namun saat berbuka kebanyakan dari kita seringnya mengonsusmi makanan dan minuman dengan kandungan gula tinggi, kadar lemak tinggi, dan garam berlebih. Padahal makanan tersebut tinggi kalori dan berpotensi menambah berat badan.

Supaya berat badan tak melambung ketika berpuasa, berikut jenis makanan rendah kalori sebagai menu berbuka puasa yang kami lansir dari berbagai sumber.

  1. Beras Merah

Beras merah bisa dikonsumsi untuk menjaga atau menurunkan berat badan. Sebab beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang lambat dicerna tubuh dan mampu membuat kenyang lebih lama.

  1. Buah

Pilih buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral seperti pisang, apel, pepaya, melon, anggur, dan mangga. Selain itu sila mengonsumsi buah beri seperti stroberi, bluberi, rasberi, dan blackberry  karena mengandung antioksidan tinggi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan serat beri-berian tergolong tinggi sehingga bisa melancarkan pencernaan. Sebaliknya, hindari buah durian saat berpuasa karena mengandung banyak gas yang berpotensi menyebabkan buang angin dan mual.

  1. Sayuran

Kandungan serat, vitamin, dan mineral dalam sayuran berguna menjaga kesehatan tubuh dan melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit. Kita bisa memilih sayuran rendah kalori seperti bayam, selada, dan sawi. Kandungan zat besi pada sayuran hijau dapat meningkatkan sel darah merah sehingga mampu menjaga tubuh agar tidak lesu saat berpuasa.

  1. Ikan

Ikan banyak mengandung protein dan kandungan omega 3 untuk meningkatkan kecerdasan otak dan menyehatkan jantung. Agar manfaat baik ikan tetap terjaga, sebaiknya olah ikan dengan cara dikukus. Pilihlah ikan tanpa lemak seperti ikan kod, tuna, salmon, sarden, atau makarel..

  1. Telur

Selain tinggi protein, telur juga tergolong rendah kalori. Masaklah telur dengan cara dikukus, sebab jika digoreng kadar kalorinya yang tinggi berpotensi menambah berat badan.

  1. Sup

Pilih sup berbasis kaldu seperti sup ayam, sup kacang merah, atau sup sayur bening sebagai menu berbuka puasa. Selain perut hangat, juga lebih sehat.

Komentar

komentar