Makmalian Harus Tahu Mereka yang Disukai Allah

 

Dalam Al-Qur’an dijelaskan mengenai golongan yang dicintai Allah. Merekalah yang akan mendapatkan pertolongan dari segala kesulitan, kabar gembira dan segala kesedihan, keamanan dari segala ketakutan dan kepastian dari setiap keraguan. Di bulan Ramadan ini kami ingin teman-teman menjadi golongan tersebut. Tapi kira-kira siapa saja yang termasuk ke dalamnya? Mari kita kupas satu per satu.

 

Pertama, orang yang bersabar. Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 153 yang artinya, “Wahai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) salat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar”.

Allah mencintai orang yang bersabar, karena merekalah yang membuktikan cinta dan pengorbanan yang tulus untuk Allah ta’ala. Mereka pulalah orang yang lulus dari segala ujian yang menghadang.

 

 

Kedua, orang yang bertakwa. Allah berfirman yang artinya “Sesungguhnya Allah mencintai orang yang bertakwa” (QS Attaubah : 07)

Al-Qur’an  memberikan definisi yang jelas tentang ciri mereka, yaitu mereka yang beriman dengan yang gaib, mendirikan salat, beriman terhadap agama yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad saw. dan kitab-kitab sebelumnya, menginfakkan sebagian harta mereka serta meyakini akan adanya hari kiamat, seperti yang didefinisikan di QS Al-Baqarah ayat 3 dan 4. Itulah ciri-ciri orang yang bertakwa yang dicintai oleh Allah Swt..

 

 

Ketiga, orang yang berbuat kebaikan. Sesuai firman Allah dalam surat Al-Maidah ayat 13 yang artinya,”Maka maafkanlah mereka dan biarkanlah mereka, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik”.

Orang yang berbuat baik adalah golongan yang dicintai oleh Allah. Dalam ayat itu disebutkan bahwa memaafkan, termasuk perbuatan baik yang dicintai Allah Swt.

 

Saatnya ubah diri di Bulan Suci, masih belum terlambat kok.

Komentar

komentar