Makmal Pendidikan Adakan Pelatihan Pengembangan Tenaga Pendidik

Pada Rabu dan Kamis (11-12/02/2015) lalu, Makmal Pendidikan menyelenggarakan pelatihan Pengembangan Tenaga Pendidik dengan tema “Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Kelas”. Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini dihadiri oleh 17 guru dari MI (Madrasah Ibtidaiyah) yang ada disekitar Bumi Pengembangan Insani Dompet Dhuafa (BPI DD).

Permasalahan yang sering muncul di sekolah seperti manajemen sekolah yang masih tradisional dan ala kadarnya serta kualitas pembelajaran yang belum efektif menjadi pencetus diadakannya pelatihan ini. Makmal Pendidikan kemudian menggagas sebuah konsep pengembangan sekolah berdasarkan parameter penilaian yang terdiri dari kriteria-kriteria efektif untuk mereformasi sekolah dasar melalui pendekatan yang dikembangkan dari dua perspektif permasalahan di atas. Pelatihan ini menargetkan pada pengembangan kompetensi dan kemampuan tenaga pendidik dalam pembelajaran sehingga mereka mampu memberikan yang terbaik kepada anak didik dan sekolah masing-masing.

Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan yang dimulai pukul 08.00 pagi sampai 15.30 sore tersebut. Senyum dan gelak tawa memenuhi ruangan Aula SGI ketika para pemateri memberikan materi dengan pembawaan yang serius namun santai. Pak Zayd Sayfullah dan Pak Iwan Sahrudin didapuk menjadi trainer pelatihan hari itu, keduanya membawakan materi yang membangkitkan semangat mengajar para guru yang hadir.

Dalam materinya, Zayd Sayfullah menyampaikan bahwa dalam melaksanakan tugas, guru harus menguasai empat kecakapan dasar yaitu pemahaman materi yang diajarkan, communication skills, penguasaan metodologi, dan pendekatan psikologi. “Jika guru belum menguasai kecakapan dasar tersebut, maka performanya dalam mengajar masih jauh dari standar, karenanya guru harus mau belajar meningkatkan kemampuannya. Makmal Pendidikan dalam Program Pendampingan Tenaga Pendidik siap membantu para guru”, tambahnya. Sedangkan Iwan Syahrudin, trainer media pembelajaran, dalam materi yang disampaikan pada hari kedua mengajak para guru untuk berpiikir kreatif dalam memecahkan permasalahan pembelajaran, khususnya dalam membuat media pembelajaran.

“Pelatihannya keren dan saya semakin bersemangat untuk memberikan yang terbaik untuk murid-murid dan tidak sabar untuk menerapkan ilmu yang didapat di sekolah nanti”, ujar Ida salah satu peserta pelatihan. Pelatihan Pengembangan Tenaga Pendidik ditutup dengan kuis seputar media pembelajaran dan disudahi dengan foto bersama. Seru sekali.

{fcomment}

Komentar

komentar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.